BUPATI TANGERANG TERIMA PENGHARGAAN INDEKS KELOLA KINERJA DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN APBD

Jakarta-Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menerima penghargaan Indeks Kelola bagi pemerintah daerah yang berprestasi dalam mengelola APBD. Penghargaan ini sendiri berlangsung di  XXI Ballroom Djakarta Theater. Rabu (28/11/18)

Denni puspa purbasari, SE, M.Sc, Ph.D Deputi bidang ekonomi kantor staf Presiden menjelaskan, Penghargaan Indeks Kelola bertujuan untuk mendorong penggunaan APBD yang sejalan dengan agenda bangsa dan negara, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi. Indeks Kelola juga untuk mendorong para pemimpin daerah dalam mewujudkan pengelolaan APBD yang efektif sekaligus untuk memberi apresiasi pemimpin daerah yang sukses mengelola APBD-nya.

Katadata didukung lembaga Jari Ungu dan sejumlah ahli ekonomi indepenen sebelumnya telah menyusun beberapa kategori Indeks Kelola yang merupakan Kinerja dan Efektivitas Pengelolaan APBD.  Pelibatan tim ahli independen untuk memastikan bahwa desain kegiatan dan metodologi dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan operasional. Tim ahli adalah individu dengan keahlian tertentu yang relevan dengan penyusunan metodologi dan indeks/indikator pembangunan daerah. "saya sangat mengapresiasi kepada 66 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan ini semoga dapat dipertahankan dan menjadikan percontohan bagi kabupaten/kota lainya" ucapnya

Drs. Syarifuddin, MM direktorat jendral bina keuangan daerah turut mengatakan, daerah yang berhasil mengelola APBD secara efektif dan mampu menjalankan mandatory sesuai undang-undang patut mendapatkan apresiasi sekaligus didorong untuk berbagi strategi bagaimana membangun daerah akan memberikan berbagai implikasi positif. Selain bermanfaat bagi daerah dan warganya, juga memacu daerah lain dalam membangun daerahnya, serta membantu pemerintah pusat dalam mewujudkan agenda pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. 

"Semoga kegiatan ini akan memacu pemda meningkatkan efektivitas dan optimalisasi dalam menggunakan APBD" terang denni

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, Alhamdulilah Kabupaten Tangerang dapat penghargaan indeks kelola 2018 kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD kategori pembangunan Ekonomi dari Katadata, tentu ini malam yang sangat bahagia untuk saya dan untuk masyarakat kabupaten tangerang Keberhasilan ini ada karena semua elemen yang telah bekerja keras dan bekerja sesuai aturan yang ada dalam pengelolaan dana APBD sehingga kita mencapai target sesuai rencana untuk membangun Kabupaten Tangerang Lebih Gemilang 

"Saya berharap Ke depan prestasi ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar apa yang direncanakan berdampak baik dan dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat Kabupaten Tangerang" tutup Zaki . (Red)


Bagikan artikel ini