200 Pelajar SMA/SMK Ikuti Seminar Diteksi Penyakit Kanker

TANGERANG - Dinas Kesehatan  Kabupaten Tangerang menggelar Seminar Kesehatan bagi 200 pelajar SMA/SMK di Gedung Pendopo Kabupaten Tangerang, Selasa (27/11/2018).

Seminar ini bertema Sehat Mulai dari Kita dengan Melakukan Deteksi Dini Keganasan Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara.

Hadir sebagai narasumber Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Tri Hesti Yulianti yang akrab disapa Yuli Zaki Iskandar serta dr Rizky Azenda, SpOG.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Hj Dede Widyawati MKes, yang membuka acara mengatakan kecenderungan penyakit kanker akhir-akhir ini semakin meningkat. Pada wanita kebanyakan terdeteksi kanker leher rahim dan kanker payudara sedangkan pada pria kebanyakan kanker paru dan kanker usus besar.

"Data tercatat pada BPJS Kesehatan pembiayaan untuk kanker mencapai Rp 2 triliun per tahun. Angka ini terbesar setelah penyakit jantung dan gagal ginjal," katanya.

Ditambahkan di Kabupaten Tangerang saat ini telah memiliki 28 puskesmas yang mampu melakukan pelayanan deteksi dini kanker leher rahim.

"Ada juga puskesmas yang mampu melayani terapi pengobatan pra kanker serviks yaitu krioterapi di Puskesmas Sindang Jaya dan Puskesmas Kelapa Dua," tambahnya.

Dilanjutkan dr Rizky Azenda, SpOG yang memberikan pemahaman tentang kanker payudara dan kanker leher rahim atau serviks. Diantaranya melakukan Sadari (Periksa Payudara Sendiri) untuk pencegahan kanker payudara.

Dan lakukan deteksi dini kanker serviks dengan rutin melakukan Tes IVA ke puskesmas minimal setahun sekali bagi wanita yang sudah menikah. "Sementara untuk yang belum menikah dapat melakukan  vaksinasi HPV, sehingga bisa kebal dari virus penyebab kanker serviks," jelasnya.

 

BUKA KOMUNIKASI

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar dalam paparannya menekankan kepada komunikasi orangtua dan anak menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan penyakit pada organ reproduksi.

"Jangan ragu dan malu berkomunikasi dengan orangtua terkait problem-problem kesehatan apapun, sehingga diharapkan ada pencegahan dini jika ditemukan masalah kesehatan," ungkapnya.

di sela-sela kegiatan, sempat diberikan pula sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yaitu melakukan makan buah bersama serta melakukan senam bersama.

 

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini