Kelompok Toga Dewandaru Juara II Lomba KAMTA Nasional

PASARKEMIS – Menjadi duta Provinsi Banten, Kelompok Toga Dewandaru dari Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, berhasil meraih Juara II Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Toga dan Akupresure (KAMTA) dalam Kategori Perkotaan Tahun 2018.

Piagam penghargaan pun diterima kelompok ini dari Dirjen Pelayanan Kesehatan  Kementerian Kesehatan RI  di The Sunan Hotel, Jl A Yani,  Kerten Lesehan, Solo, Jawa Tengah, Selasa  Kamis (20/11/2018).

Selain menerima penghargaan, lalu secara keseluruhan para peserta diajak mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu oleh panitia yang menggelar acara selama beberapa hari.

Nurlaelasari SKM, Pemegang Program Pelayanan Kesehatan Tradisional pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan Kelompok Toga Dewandaru adalah kelompok toga yang menjadi salah-satu kelompok binaan Puskesmas Pasarkemis.

Kelompok ini memang menjadi andalan karena pengelolaannya yang baik. Prestasi pun diraihnya mulai menjadi Juara I Lomba Toga Tingkat Kabupaten Tangerang, lalu menjadi Juara I Lomba Toga Tingkat Provinsi Banten.

“Dalam mengikuti lomba di tingkat provinsi maupun tingkat nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang tidak merasa kesulitan membina Kelompok Toga Dewandaru untuk menjadi Kelompok Asuhan Mandiri Toga dan Akupresur,” ungkap Nurlaelasari SKM.

Dinformasikan kelompok yang berada di RW 09 Kelurahan Sindangsari telah mendapat pembinaan yang baik, sehingga anggota kelompok ini pun mampu mengembangkan tanaman toga secara terbaik, membuat jamu dan minuman segar, serta mampu pula mengembangkan akupresur

Bahkan Kelompok Toga Dewandaru pun telah mampu mengemas makanan, minuman, jamu yang diproduksinya untuk dijual kepada masyarakat. Mereka juga telah mampu membuat pupuk tanaman dari pengolahan sampah rumah-tangga yang didaur ulang.


Bagikan artikel ini