PERAYAAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW MESJID JAMI AN-NUUR KP.BABAKAN KEL.BINONG DIWARNAI PAWAI TUMPENG DAN BUDAYA

Kp.Babakan Kelurahan Binong Kecamatan Curug, 20 Nopember 2018.......Dalam rangka perayaan maulid Nabi Muhammad saw 1440 H, Masjid Jami An-nuur KP. Babakan yang terdiri dari 2 RW yaitu RW 04 dan RW 06 mengadakan perayaan dengan cukup unik dimana acara diawali dengan pawai tumpeng yang dihias dari masing-masing RT yang kemudian ditandu dan diarak menuju mesjid Jami An-Nuur dengan diringi bergagai kesenian diantaranya Qosidah, Marawis, Hadroh dan juga kesenian Reog Ponorogo, dalam arak-arakan tersebut Nampak sekali antusias warga KP. Babakan bapak-bapak, Ibu-ibu, remaja dan anak-anak turut serta dengan berbagai pakaian yang unik dan hiasan tumpeng yang unik pula.

Setibanya di mesjid Jami An-Nuur Hiasan Tumpeng yang diarak warga dari masing-masing RT dinilai untuk kemudian diakhir acara akan diberikan penghargaan berupa piala untuk masing-masing RT.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan

Sambutan pertama dari Panitia yaitu Ust. Uding dalam sambutannya beliau mengatakan “ bahwa ide acara Maulid Nabi yg dimeriahkan dengan pawai Tumpeng ini adalah spontanitas untuk menyemarakan acara maulid nabi yang insyaallah kedepan akan lebih meriah lagi “ sementara pengurus DKM mesjid Jami An-Nuur Ust. H.Amsurudin dalam sambutannya menyampaikan Terimah kasih kepada para Ketua RW dan Para Ketua RT serta warga KP. Babakan yang telah antusias mengikuti pawai tumpeng dan ini merupakan bukti Cinta  kepada Baginda Rosululloh saw yang barang siapa  mencintai nabi maka akan bersama nabi dalam syurganya allah swt.

Kemudian Panitia meminta pula kepada Bpk.Maman Sutiaman, S.IP salah satu Staf Kelurahan Binong  yang hadir sekaligus mewakili ibu Lurah Binong Masitoh S.Ag,M.Si untuk memberikan sambutan dan motivasi kepada warga KP. Babakan Kel.Binong, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DKM mesjid Jami An-nuur dan para ketua RW, RT serta warga KP. Babakan yang sudah menyelenggarakan perayaan maulid nabi “ Acara perayaan ini sederhana tapi unik karena ini belum ada di Kelurahan Binong dalam perayaan maulid nabi diawali dengan Pawai Tumpeng yang dihias kemudian diarak menuju mesjid,  ini adalah ide yang bagus dan merupakan budaya yang perlu dikembangkan untuk syiar islam” ucapnya sambil mengacungkan jempol kepada hadirin dan disambut dengan tepukan tangan yang hadir.

Setelah sambutan-sambutan acara dilanjutkan dengan dzikir, pembacaan Al-Barjanji, dan Marhaban yang dipimpin oleh ust. H.Swidana

Acara tersebut ditutup dengan do’a oleh ust.Mustofa

Diakhir acara merupakan pemberian penghargaan kepada para Ketua RT berupa Piala, dalam pemberian penghargaan tersebut panitia meminta kesediaannya kepada Bpk.Rispanel Arya anggota Dewan Kabupaten Tangerang yang kebetulan hadir dalam acara tersebut untuk memberikannya.

Acara berjalan dengan tertib, lancar dan penuh khidmat. ( MS )


Bagikan artikel ini