RAKOR PENINGKATAN LAYANAN BIDANG TIK

Dilandasi dari perlunya percepatan proses integrasi aplikasi lingkup Kabupaten Tangerang, Kamis 15 November 2018 bertempat di Ruang Wareng Gd.  Sekretariat Daerah telah digelar Rapat Kordinasi (Rakor)  Peningkatan Layanan Bidang Telematika Melalui Penguatan Jaringan dan Standardisasi Aplikasi Terintegrasi. Rapat yang dipimpin oleh Kepala BKPSDM,  H.A.SURYA WIJAYA, S.IP.M.Si ini dihadiri oleh 76 peserta dari 63 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang. 

"Sekarang adalah era atau masanya teknologi.  Semua harus berbasis elektronik, termasuk dalam hal kepegawaian mulai dari kehadiran, kepangkatan penilaian kinerja,  dan lain-lain" tutur Kepala BKPSDM sambil menekankan kepada seluruh OPD untuk terus 'melek IT'.

Dalam sambutan yang disampaikan, para peserta mendapat pembekalan perlunya setiap OPD berkomitmen untuk berbagi data guna mewujudkan SATU DATA di Kabupaten Tangerang,  serta dalam rangka percepatan integrasi. 

"Tantangan kita sekarang adalah bagaimana aplikasi-aplikasi yang ada atau aplikasi yang akan kita bangun bisa terintegrasi satu sama lain.  Sudah tidak jamannya lagi aplikasi tidak bisa diintegrasikan. Semua aplikasi harus bisa diintegrasikan" tegas sosok yang sudah malang melintang d wilayah kecamatan ini. 

Sementara itu,  Sekretaris Dinas Komunikasi dan informatika,  Hj. YENI SURYANI,S.Pi,MM dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Diskominfo mempunyai tugas untuk mengkoordinir seluruh OPD dalam pengembangan atau pembangunan aplikasi.  Sehingga semua OPD dalam hal teknologi harus berkoordinasi dengan Diskominfo. 

"Pada tahun ini,  Kabupaten Tangerang akan memiliki aplikasi-aplikasi penting yang sudah sejak awal dipersiapkan untuk bisa terintegarsi dengan aplikasi mana pun.  ditahun ini melalui Diskominfo telah disiapkan Standardisasi Aplikasi guna memberikan panduan dan standar minimum dalam pembangunan sebuah aplikasi" ucap Sekretaris Diskominfo. 

Sementara itu, dalam presentasinya Kepala Bidang Telematika Bangbang Ismail S.Sos M.AP menyampaikan bahwa untuk memudahkan proses integrasi antar aplikasi/sistem maka seyogyanya para OPD terus koordinasi dengan Diskominfo dan sekaligus menitipkan server OPD untuk dikelola Diskominfo. 

"Kondisi, fasilitas,  dan kualitas jaringan termasuk ruang server di Diskominfo sudah siap untuk menampung server-server yg masih ada di setiap OPD. Silahkan manfaatkan buat penitipan server dan aplikasi,  tanpa biaya" tegas pria dengan logat khas Sundanya ini memaparkan

Dalam acara yang merupakan rangkaian dari salah satu Proyek Perubahan Peningkatan Layanan Bidang Telematika Melalui Penguatan Jaringan dan Standardisasi Aplikasi Terintegrasi ini juga dilaksanakan simbolis Penandatanganan Pakta Integritas Berbagi Data yang diwakili oleh Dr. Hj. Rr. RENIATI, M.Kes selaku Direktur RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang.


Bagikan artikel ini