Tim Riskesdas Kabupaten Tangerang Dampingi Tim Banten

TIGARAKSA - Tim Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kabupaten Tangerang turut mendampingi Tim Riskesdas Provinsi Banten mengikuti acara Penyampaian Laporan Hasil Akhir (LHA) Riskesdas 2015 Korwil II.

Kegiatan ini dilaksanakan di Jambuluwuk Resort & Convention Hall di Kota Batu, Semarang, dari tanggal 6-9 November 2018. Acara sendiri diikuti 200 peserta dari 7 provinsi, yaitu Provinsi Sumut, Provinsi Sumsel, Provinsi Jabar, Provinsi Banten, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Maluku.

Kurnia Tisna Ika Ningsih AMd.PK, Penanggung Jawab Administrasi Lapangan Riskesdas Kabupaten Tangerang, mengakui kegiatan ini cukup baik untuk menambah wawasan. “Selain melaporkan hasil kerja tim di lapangan, di sini kita juga mendapatkan pembinaan untuk melaksanakan kegiatan lebih lanjutnya.”

Hasil pembahasan dalam kegiatan ini, salah-satunya membahas indikator riskesdas berbasis komunikasi dengan unit rumah-tangga atau anggota rumah-tangga, tentang SPM, RPJMN, Renstra,  PKM, PIS-PK dan Germas.

Indikator Riskesdas lainnya yang dibahas yaitu cakupan riskesdas, pelayanan kesehatan, perilaku kesehatan, kesehatan lingkungan, pemeriksaan biomedis meliputi malaria, HB, glukosa darah, kolestrol, trigliserida, dan antibodi (PD3I), serta melakukan pencatatan status kesehatan keluarga baik penyakit menular maupun tidak menular dan kesehatan ibu, bayi, balita, remaja, status gizi, cedera dan disabilitas.

Pada intinya, dari hasil riskesdas ini, ke depannya bisa dilakukan perubahan kesehatan di masyarakat, ucapnya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini