PPS Kelurahan Sindangsari melaksanakan Pleno DPTHP-1

Pemilu 2019 hanya tinggal beberapa bulan lagi, persiapan demi persiapan terus dilaksanakan demi mendapat hasil yang maksimal. Salah satu tahapan pemilu adalah pemuktahiran data pemilih yang dilakukan di tingkat Desa untuk dilaporkan kepada KPU sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemilihan Umum.

Pada hari Jum'at 9 Nopember 2018, PPS Kelurahan Sidangsari telah melaksanakan rapat pleno penetapan Daftar Pemilh Hasil Perbaikan (DPTHP-1) tingkat Desa/Kelurahan yang dipimpin langsung oleh Ketua PPS Denny Subekti, SH. Dalam pemaparannya bahwa setelah Penetapan DPT pada Bulan September kemudian adanya edaran untuk dicermati kembali, khawatir terdapat pemilih yang belum terdaftar dalam DPT. "Kami (PPS) berusaha semaksimal mungkin agar warga sindangsari yang memiliki hak pilih terdaftar dalam DPT dengan syarat memiliki KTP-el sesuai domisili" dalam sambutan beliau.

Melalui sosialisasi GMHP dan membuka Posko, terdapat perubahan jumlah pemilih yang semulia diangka 19.000-an menjadi 22.000-an. Hasil dari tanggapan masyarakat terhadap DPT baik melalui online ataupun langsung melalui Posko GMHP Kelurahan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 19% karena adanya instruksi dari Kemendagri melalui Disdukcapil bahwa masih terdapat sekitar 4.000 pemilih yang belum masuk ke dalam DPT.

Oleh karena itu, melalui data yang dikirim oleh Kemendagri kami cermati seoptimal mungkin mengidentifikasi apakah data tersebut ada dan benar belum terdaftar atau sudah terdaftar. Setelah melalui berbagai proses pencermatan akhirnya PPS Kelurahan Sindangsari dapat memplenokan daftar pemilih hasil perbaikan (DPTHP-1) yang dihadiri oleh perwakilan peserta Pemilu.

Berikut data pemilih Kelurahan Sindangsari hasil pleno, jumlah TPS 90; jumlah pemilih laki-laki 11.511; jumlah pemilih perempuan 11.335; total pemilih L+P 22.846. Hasil tersebut akan diplenokan kembali ditingkat Kecamatan (PPK) Pasar Kemis.


Bagikan artikel ini