Tahun ini Disasar 7 Desa, Tahun Depan 2 Desa & 1 Kelurahan

PAGEDANGAN - Para petugas surveyor pendataan PIS-PK di wilayah kerja Puskesmas Pagedangan sejak April hingga Agustus 2018 telah menyelesaikan  pendataan kesehatan keluarga-keluarga di 4 desa.

Keempat desa itu adalah Desa Malang Nengah, Desa Cicalengka, Desa Karang Tengah, dan Desa Cijantra. Sementara pada September ini dilaksanakan pendataan di satu desa lainnya yaitu Desa Kadu Sirung yang sudah bisa mencapai 100 persen.

Hj Wirahayu SKM MKM, Kepala Puskesmas Pagedangan, mengutarakan sebenarnya target pelaksanaan pendataan PIS-PK tahap pertama di tahun 2018 akan menyelesaikan pendataan di 7 desa dengan sasaran kepada 14.000-an KK.

Semetara dua desa lainnya yang akan didata setelahnya adalah Desa Cihuni dan Desa Lengkong Kulon yang akan diselesaikan pada November 2018.

Dijelaskan wilayah kerja Puskesmas Pagedangan seluruhnya meliputi 9 desa dan 1 kelurahan, praktis nantinya tersisa 2 desa dan 1 kelurahan yang akan mendapat pendataan susulan di tahun 2019, yang menjadi program pelaksanaan pendataan PIS-PK tahap II di tahun 2019.

Ketiga wilayah itu adalah Desa Situ Gadung, Desa Jatake, dan Kelurahan Medang.

Bila pendataan ini telah selesai semuanya, “artinya kami sudah memiliki data Indeks Keluarga Sehat (IKS) yang nantinya data itu akan memudahkan puskesmas melakukan pengawasan lingkungan,” tambah Hj Wirahayu SKM MKM.

Lebih lanjut disampaikan untuk meyakinkan masyarakat agar bisa berpartsipasi aktif dalam pendataan PIS-PK yang dilakukan para petugas puskesmas, “kami menggunakan seragam berupa rompi berwarna ungu.”

Kedatangan petugas ke lapangan pun mendapat pendampingan dari kader posyandu, sehingga diharapkan menjadi lebih lancar dalam pelaksanaan tugasnya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini