Puskesmas Pagedangan Siap Gelar Workshop Kesehatan Masyarakat

PAGEDANGAN – Data kesehatan tiap keluarga desa-desa di Kecamatan Pagedangan telah terrekam dengan baik dengan pelaksanaan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) oleh Puskesmas Pagedangan.

Diketahui pada tahun 2018, Puskesmas Pagedangan melaksanakan pendataan PIS-PK kepada masing-masing keluarga di 7 desa di Kecamatan Pagedangan, yaitu Desa Cihuni, Desa Cijantra, Desa Lengkong, Desa Cicalengka, Desa Kadu Sirung, Desa Malang Nengah, dan Desa Karang Tengah. 

Dikatakan Hj Wirahayu, Kepala Puskesmas Pagedangan, Sabtu (1/9/2018), beberapa data penting yang didapatkan di antaranya cakupan program KB sebanyak 48 persen, data tingkat kepesertaan JKN, dan cukup banyak warga yang menderita penyakit Hipertensi.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi program pendataan PIS-PK, kita bisa melihat data kesehatan mulai dari tingkat RT/RW melalui aplikasi yang terkoneksi langsung ke Kemenkes RI,” katanya.

Kepala Puskesmas Pagedangan menambahkan dari data-data yang diperoleh tersebut pihak puskesmas merencanakan akan melakukan workshop di internal puskesmas bersama petugas pemegang program masing-masing.

Di antaranya Pemegang Program Gizi, Pemegang Program Kesehatan Lingkungan, Pemegang Program Penyakit Menular, Pemegang Program Penyakit Tidak Menular, serta Pemegang Program Kesehatan Ibu dan Anak.

Usai melaksanakan workshop internal yang rencananya akan dilaksanakan mulai September 2018, ke depannya yaitu di tahun 2019 Puskesmas Pagedangan bisa melaksanakan seminar terkait data-data kesehatan tersebut ke masing-masing desa.

“Dari seminar tersebut diharapkan masing-masing desa akan dapat merumuskan kebijakan pembangunan desanya terkait bidang kesehatan. Bahkan bisa pula dibuat roadmap untuk 3 tahun ke depannya,” jelas Hj Wirahayu.

Diinformasikan kegiatan pendataan PIS-PK di Puskesmas Pagedangan hingga saat ini masih terus berlanjut dan pada tahun 2019 mendatang direncanakan akan melakukan pendataan di 4 desa yang belum terdata, yaitu Desa Pagedangan, Desa Situgadung, Desa Jatake, dan Kelurahan Medang.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini