GSI Kabupaten Tangerang Dinilai Positif Tim Penilai Banten

TIGARAKSA – Kegiatan Gerakan Sayang Ibu (GSI) Kabupaten Tangerang mendapat penilaian positif dari Tim Penilai GSI Provinsi Banten karena dalam kegiatannya telah menyertakan masyarakat dan pihak swasta.

Hermawan, Ketua Tim Evaluasi Penilai GSI Tingkat Provinsi Banten yang berkunjung ke Kabupaten Tangerang, Selasa (28/8/2018), menilai dengan GSI di Kabupaten Tangerang melibatkan secara bersama-sama pemerintah, masyarakat, dan swasta, akhirnya point-point indikator penilaian pun telah tercapai.

Indikator penilaian sendiri, di antaranya: Ketersediaan pokjatap, adanya anggaran, kebijakan kepala daerah yang mendukung, berkembangnya forum–forum komunikasi terkait upaya penyelamatan GSI, tolak-ukur dalam proses pendanaan, jumlah ibu hamil yang dirujuk dan dilaksanakan dengan baik, fasilitas kesehatan tersedia memadai.

Lalu, besarnya partisipasi masyarakat dalam penanganan kesehatan di wilayah, adanya Desa Siaga, efektivitas sarana informasi secara rutin, cakupan pertolongan persalinan, presentasi resiko dan komplikasi yang ditangani, meningkatnya pasangan usia subur yang ikut KB, serta adanya penurunan jumlah kematian ibu melahirkan dan anak baru lahir.

Adapun tim yang memberi penilaian terdiri Pengurus TP PKK Banten, Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dan pejabat BP3-KB Provinsi Banten.

 

DITERIMA PJ BUPATI

Rombongan Tim Evaluasi Penilaian GSI Provinsi Banten diterima Pj Bupati Dr Komarudin Map, pejabat Dinkes Kabupaten Tangerang, pejabat Dinas LH Pemkab Tangerang, Pj TP PKK Kabupaten Tangerang, Ketua Darmawanita Persatuan Kabupaten Tangerang, para camat, pimpinan perusahaan, Direktur RSU Kabupaten Tangerang.

Acara sendiri berlangsung di Ruang Wareng, Gedung Pusat Perkantoran Pemkab Tangerang.

Dr Komarudin M.AP, Pj Bupati Tangerang, menjelaskan upaya-upaya Pemkab Tangerang dalam melakukan penurunan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, sudah dilakukan dengan berbagai program yang medapat alokasi anggaran yang melebihi standar minimal.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kabupaten Tangerang serius dalam melakukan GSI dan kesehatan masyarakat,” urainya. Selain itu, pemerintah bersama-sama perusahaan dan masyarakat pun terus meningkatkan kerja-sama dalam melakukan GSI.

Sementara dr Ni Wayan Manik K.MKK, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan untuk pelaksanaan evaluasi penilaian ini dilaksanakan satu hari dibagi tiga tim, di antranya tim mengunjungi RSU Tangerang, tim mendatangi pelaksanaan GSI di Kecamatan Jayanti dan tim mendatangi PT ADI di Balaraja.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini