Melalui Pos Gizi, 10 Balita Alami Kenaikan Berat-Badan

SEPATAN TIMUR – Berat-badan 10 balita, anak warga Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, akhirnya berhasil mengalami kenaikan setelah mendapatkan Pembinaan Pos Gizi yang dilakukan Puskesmas Kedaung Barat.

Pembinaan Pos Gizi dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan status gizi balita agar tidak terkategori Balita Gizi Buruk. Pembinaan Pos Gizi oleh Puskesmas Kedaung Barat di Desa Gempol Sari telah dilaksanakan selama 3 bulan dan akhir Juli 2018 telah selesai, hasilnya 10 balita mengalami peningkatan berat badan.

R Tati Haryati SKM MSi, Kepala Puskesmas Kedaung Barat, Jumat (24/8/2018), menjelaskan Pembinaan Pos Gizi di Desa Gempol Sari dilaksanakan dengan mengumpulkan sasaran, yaitu 10 balita bersama orangtuanya ang dikumpulkan di salah-satu rumah warga.

“Para orangtua balita gizi buruk dimanage dan dilatih dalam menyiapkan makanan sehat untuk balitanya. Dari mulai pemilihan bahan makanan mentah, pengolahan makanan, memasaknya, menyiapkan makanannya, mengatur pola makannya sampai menyusun menu makanannya,” jelas R Tati Haryati SKM MSi.

Ditambahkan kegiatan pos gizi dilakukan selama tiga bulan dengan 1 sesi per bulannya selama 10 hari.

Setelah diberi pembinaan, para orangtua balita diharapkan dapat menerapkan ajaran yang diberikan kepada balitanya. Lalu, setelah 10 hari dilakukan penimbangan berat badan balitanya.

“Para orangtua juga kami ajak untuk ikut memantau perkembangan balitanya agar terus mengalami peningkatan berat-badan, sehingga walaupun pembinaan pos gizi telah selesai, namun kebiasaan makanan terbaik untuk balitanya tetap bisa dipertahankan,” tambah Kapus Kedaung Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak balita di wilayah Kecamatan Sepatan Timur dapat terus meningkat status gizinya dan tidak ditemukan balita dengan gizi buruk.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini