Puskesmas Legok Bantu KHM Desa Serdang Wetan

LEGOK – Progres Kualitas Hidup Masyarakat (KHM) Desa Serdang Wetan di Kecamatan Legok yang menjadi binaan Kecamatan Legok bersama Puskesmas Legok mendapat kunjungan pembinaan dari TP PKK Kabupaten Tangerang, Selasa (27/3/2018).

Rombongan TP PKK Kabupaten Tangerang dipimpin Hj Obun, Ketua Tim 4 Bina Wilayah TP PKK Kabupaten Tangerang, datang disambut Camat Legok, Ketua TP PKK Kecamatan Legok, Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Legok, lurah dan kades, Kepala Puskesmas Legok, serta petugas kesehatan lingkungan.

Hj Obun mengutarakan kegiatan ini menjadi salah-satu program rutin organisasinya yang dilaksanakan di setiap tahunnya. Tujuannya untuk melihat dan membina peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui peran-serta PKK.

Terkait itu, maka bina wilayah harus dilaksanakan seksama agar membuahkan nilai tambah dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, ditandai dengan adanya peningkatan SDM, penyempurnaan administrasi pembinaan keluarga, dan pemahaman program kerja PKK.

“Kali ini, kami ingin mengetahui progres yang telah dicapai dari kegiatan PKK desa terkait pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” kata Hj Obun.

Sementara, dr Widya Anggraeni MKM, Kepala Puskesmas Legok, menguraikan dalam kegiatan bina wilayah pihaknya turut ambil bagian dengan memberikan penyuluhan dan pembinaan terkait kesehatan masyarakat.

Di antaranya melakukan penyuluhan dan pembinaan terkait gizi dan pemberian makanan tambahan (PMT), penyuluhan ASI Ekslusif, pelaksanaan Imunisasi Difteri, melakukan IVA-Tes bagi WUS, sampai penyuluhan tentang HIV/AIDS.

Selain itu, puskesmas pun rutin memberikan pembinaan pengembangan dan penanaman tanaman obat dalam budi-daya Taman Obat Keluarga (Toga).

Dipaparkan pula terkait kegiatan posyandu-posyandu dan posbindu-posbindu yang dilakukan setiap bulan, para petugas puskesmas didampingi para kader kesehatan sudah melaksanakannya dengan baik.

Termasuk mengajak elemen masyarakat melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberantasan sarang nyamuk (PSN), serta mengajak masyarakat dapat menjadi kader jumantik di rumahnya masing-masing.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini