PENGURUS TP. PKK & KADER POSYANDU KELURAHAN TIGARAKSA IKUTI SOSIALISASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK TAHUN 2018

tigaraksakel, Klurahan Tigaraksa gencar mengadakan kegiatan sosialisasi setelah diselenggarakannya sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat,  kini giliran Pengurus PKK dan Kader Posyandu mengikuti sosialisasi,  Selasa (20/03/2018) Kelurahan Tigaraksa menyelenggarakan acara sosialisasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang dirangkai dengan Sosialisasi Kesehatan Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat ini melibatkan peserta yang terdiri dari Pengurus TP. PKK dan Kader Posyandu dilingkungan Kelurahan Tigaraksa sebanyak 40 orang peserta. Aron Nugraha menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama Kelurahan Tigaraksa dengan UPT Puskesmas Tigaraksa yang tujuannya adalah memberikan pembekalan kepada Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu sebagai ujung tombak penyuluh kesehatan secara langsung kepada masyarakat’ ujarnya

Acara dibuka secara resmi oleh Lurah Tigaraksa (Galih Prakosa), di sela-sela sambutannya beliau berpesan kepada peserta agar memperhatikan materi yg disajikan serta dapat memahami dan dilaksanakan sesuai tugasnya masing-masing di masyarakat. “Peran Kader sangatlah penting selain kepanjangan tangan dari Bidan dan Puskesmas merupakan Mitra Kelurahan bidang kesehatan, kader harus pro aktif membantu Bidan dalam pelaksanaan Posyandu, penyuluhan kesehatan, pendataan ibu hamil, balita, batita, Lansia serta meningkatkan hidup sehat di masyarakat”kata Galih

Menurut Ibu Hj. Dra. Siti Zahroh, M.Si (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang), dalam materinya menyimpulkan Keluarga merupakan wahana atau lembaga strategis dalam melakukan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak agar perempuan menjadi mitra sejajar dalam keluarga dan anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”ujarnya.

Narasumber Drs. H. Rahmat Gunawan, S.Kep.,M.Si (Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang) menyampaikan bahwa “Hidup Sehat diawali dari diri sendri, keluraga, tetangga, lingkungan dan pemerintah, mencegah penyakit seperti DBD bukan hal mudah, kalau tidak ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri, yang sering terjadi di kita yaitu setelah ada kasus DBD baru ada laporan, disini saya mengajak peserta bagaiman mencegah dan tidak terjadi lagi, yaitu dengan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik”kata Rahmat.

Sementara itu Drg, Hj. Eko Hartati, MARS (Kepala UPT Puskesmas Tigaraksa), dengan singkat dan jelas pada materinya mengajak para Kader untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Gerakan Pendekatan Keluarga yaitu, melakukan pelayanan kesehatan dari rumah kerumah.

Acara ditutup Lurah Tigaraksa dan dilanjutkan dengan pembagian seragam Batik dan Kaos Kelurahan dari Lurah Tigaraksa kepada Pengurus TP. PKK dan Kader Posyandu Se Kelurahan Tigaraksa.

Kegiatan berjalan tertib aman dan lancar.

(Dok/If)


Bagikan artikel ini