Digelar Bintek STBM Bagi Kader & Petugas Kesling

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Bagi Fasilitator, Kader dan Petugas Kesling Puskesmas Sebagai Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bintek diikuti para peserta dari 30 desa itu dilaksanakan terbagi dalam 3 angkatan. Ketiga angkatan itu, yaitu (1) Angkatan pertama dilaksanakan 7-8 Maret di Tigaraksa; (2) Angkatan kedua dilaksanakan 12-13 Maret di Kronjo; (3) Angkatan ketiga dilaksanakan 14-15 Maret di Sepatan.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, ini sebagai pemicuan terciptanya STBM di masyarakat.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id

Metodenya adalah mendorong masyarakat agar termotivasi melakukan perubahan perilaku menjadi berperilaku STBM, papar Sri Indriastuti SKM M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Jumat (16/3/2018).

Adapun materi bintek yang disampaikan di antaranya memberi pemahaman Strategi Pembinaan STBM, Metode Pemberdayaan Masyarakat dengan Cara Pemicuan STBM, dan Tata-Cara Evalusai Pasca Pemicuan.

“Setelah ini, tim dinas kesehatan bersama puskesmas, kader kesehtaan, dan fasilitator melaksanakan monitoring kepada masyarakat. Kegiatan ini memang bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap akses sanitasi,” papar Sri Indriastuti SKM M.Kes.

Kosep dasar STBM, tambahnya, adalah pendekatan kepada masyarakat untuk dapat merubah perilaku masyarakat menjadi berperilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Metoda pendekatan partisipatif ini diharapkan akan mampu mengajak masyarakat untuk menganalisis kondisi sanitasi yang ada di lingkungannya yang kurang baik menjadi lebih baik.


Bagikan artikel ini