Tahun ini 18 Puskesmas Siap Ikuti Akreditasi Puskesmas

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang sejak Januari 2018 menggelar pendampingan kepada 12 puskesmas yang akan mengikuti penilaian peraihan Akreditasi Puskesmas yang diagendakan akan berlangsung di akhir tahun ini.

Ke-12 puskesmas itu adalah Puskesmas Cisoka, Puskesmas Jambe, Puskesmas Bojong Kamal, Puskesmas Suradita, Puskesmas Kemeri, Puskesmas Mekar Baru, Puskesmas Cikuya, Puskesmas Pasir Jaya, Puskesmas Binong, Puskesmas Tegal Angus, Puskesmas Selembaran Jaya dan Puskesmas Caringin.

Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Tradisional dan Komplementer pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho, Jumat (9/2/2018), mengutarakan selain ke-12 puskesmas di atas, ada pula 6 puskesmas yang sudah mendapat pendampingan di tahun 2016 namun belum dilakukan penilaiannya oleh tim akreditasi.

Baru di tahun ini pula, ke-6 puskesmas tersebut akan dinilai tim akreditasi puskesmas, sehingga di tahun 2018 diagendakan ada 18 puskesmas di Kabupaten Tangerang akan mengikuti penilaian Akreditasi Puskesmas.

Ke-6 puskesmas itu adalah Puskesmas Cikupa, Puskesmas Tigaraksa, Puskesmas Kronjo, Puskesmas Teluknaga, Puskesmas Kuta Bumi dan Puskesmas Curug. 

Sesuai rencana penilaian akreditasi bagi 18 puskesmas akan berlangsung mulai Oktober, November dan Desember. Bila nanti semua puskesmas ini lulus akreditasi, maka akan terdapat 38 puskesmas di Kabupaten Tangerang yang sudah terkreditasi.

Untuk itu, harap dr Sumihar Sihaloho, 18 puskesmas yang sedang dan sudah mengikuti pembinaan dapat melakukan perubahan pola-pikir cara-bekerja, sehingga ada peningkatan mutu kualitas pekerjaan atau peningkatan mutu secara berkesinambungan melalui evaluation and action planning work.


Bagikan artikel ini