Bupati Tangerang Resmikan RSUD Pakuhaji Sebagai RSUD Ketiga

PAKUHAJI – Bupati Tangerang menggunting pita sebagai tanda mulai beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pakuhaji yang ada di Jl KH Sa’adullah No 88, Kelurahan Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Rabu (31/1/2018).

RSUD di kawasan pesisir Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang ini diharapkan Bupati H Ahmed Zaki Iskandar akan menjadi sarana kesehatan lengkap yang memudahkan masyarakat pesisir, meliputi masyarakat Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Sepatan, Kecamatan Mauk, Kecamatan Sukadiri, dan Kecamatan Teluknaga.

“Ini adalah RSUD Kabupaten Tangerang ketiga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Tangerang terhadap kesehatan masyarakat,” katanya ke hadapan hadirin di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, jajaran Kodim 0506 Tangerang, jajaran Polresta Tangerang, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang, Ketua Darmawanita Kabupaten Tangerang, para Direktur RS Swasta, Kepala UTD Puskesmas se-Kabupaten Tangerang, Kader Kesehatan, PKK, PMI, dan  para tokoh masyarakat Pantura.

Terkait itu, diharapkan seluruh masyarakat bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, sekaligus dapat menjaga fasilitas kesehatan ini secara baik dari segi keamanan, kebersihan lingkungan, dan kenyamannya.

Program selanjutnya, papar Bupati Tangerang, Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini sudah melakukan pengkajian untuk membangun pula RSUD Keempat bagi masyarakat Tigaraksa, Panongan, Jambe, Solear, dan Cikuya.

 

KEGEMBIRAAN WARGA

Warga Pantura sendiri menyambut peresmian RSUD Pakuhaji dengan rasa gembira karena mereka nantinya akan dimudahkan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Junedi Kamil, tokoh masyarakat, menyatakan pembangunan rumah sakit di wilayah Pakuhaji ini sudah cukup lama diinginkan masyarakat, yang diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan karena letaknya lebih dekat ke perkampungan masyarakat.

Sebelumnya, kata dia, bila ada masyarakat yang sakit, mereka harus mendapat penanganan kesehatannya di RSUD Kabupaten Tangerang yang letaknya cukup jauh di Kota Tangerang, sehingga sering terlambat penanganannya yang sesekali mengakibatkan kematian. “Dengan RSUD Pakuhaji diharapkan hal itu tak terjadi lagi.”

Sementara H Heri Heryanto, Ketua Pelaksana Kegiatan Pembangunan  RSUD Pakuhaji, menginformasikan RSUD Pakuhaji dicanangkan pada tahun 2014, yang lalu mulai dibangun di atas lahan 3.500 M2 dengan bangunan berlantai 3.

RSUD ini dibangun memanfaatkan dana APBD Kabupaten Tangerang sebesar Rp 33,5 miliar yang dilaksanakan secara bertahap. Tahun ini juga akan dilanjutkan kelengkapan gedung dan fasilitas lainnya di lahan 3.465 M2 dengan anggaran Rp 45 miliar.

“Adapun standar rumah sakit ini bertipe C,” ucap H Heri Heryanto.

 

5 POLI & RAWAT-INAP

Plt Direktur RSUD Pakuhaji, dr Hj Corah Usman, menjelaskan dengan diresmikannya RSUD ini maka RSUD ini secara resmi sudah dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang ingin berobat.

Untuk saat ini pelayanan sudah dapat diberikan di antaranya pelayanan rawat- jalan berupa pemeriksaan dan pengobatan kesehatan yang terrangkum dalam 5 poli. Yaitu: (1) Poli Anak; (2) Poli Penyakit Dalam; (3) Poli Bedah; (4) Poli Gigi dan Mulut; (5) Poli Kebidanan dan Penyakit Kandungan.

RSUD inipun, tambah dr Hj Corah Usman, siap memberikan layanan Rawat-Inap Bagi Orang Dewasa, Rawat-Inap Bagi Anak-Anak, Ruang Isolasi, dan Ruang Rawat Perinatologi.

Untuk fasilitas yang sudah tersedia, di antaranya IGD 24 Jam, ICU, Kamar Operasi, Kamar Bersalin, Laboratorium, Radiologi, CSSD, Ambulance, Mobil Jenazah dan Kamar Jenazah.


Bagikan artikel ini