Profile SKPD Kecamatan Cisauk

Kecamatan Cisauk mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, posisinya yang strategis mendorong pembangunan disegala bidang aspek baik kewilayahan, ekonomi, social maupun politik. Berbagai terobosan dan upaya dilakukan Pemerintah Kecamatan Cisauk dalam rangka mewujudkan Kecamatan Cisauk yang lebih berkualitas.

Pesatnya pertumbuhan berbagai sektor kehidupan di Kecamatan Cisauk perlu diimbangi dengan peningktan kualitas sumber daya manusia, agar masyarakat Cisauk mempunyai kapasitas dan daya saing dalam rangka berperan pada pembangunan di Kecamatan Cisauk.

Ketersediaan di berbagai fasilitas umum yang memadai baik Kesehatan, Pendidikan, Infrastruktur Perhubungan, Keuangan/Perbankan, Komunikasi, serta fasilitas lainya menjadi mutlak diperlukan dalam mendukung pembangunan di Kecamatan Cisauk.

VISI DAN MISI

A. VISI

Demi terwujudnya program Pemerintah Daerah. Kecamatan Cisauk mempunyai visi, yaitu “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera”.

B. MISI

Dalam mewujudkan Visi Kecamatan Cisauk terdapat 5 (lima) Misi yang akan dilaksanakan sesuai kurun waktu RPJMD Kabupaten Tangerang :

  1. Meningkatkan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat menuju masyarakat yang religius
  2. Meningkatkan akses, mutu dan pemerataan pelayanan pendidikan dan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sehat
  3. Mengembangkan Ekonomi Daerah yang kompetitif
  4. Meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintahan yang profesional, transparan dan akuntabel
  5. Meningkatkan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah
  6. Mengembangkan inovasi daerah dalam Rangka meningkatkan kualitas daya saing daerah, masyarakat dan pelaku pembangunan lainnya

1. KONDISI GEOGRAFIS

Luas wilayah Kecamatan Cisauk 26,914 km2, terbagi menjadi 6 wilayah administrasi yaitu 5 Desa dan 1 Kelurahan. Batas-batas wilayah terbagi menjadi empat bagian sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Serpong – Kota Tangerang Selatan
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Setu – Kota Tangerang Selatan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor – Provinsi Jawa Barat
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Pagedangan

Secara topgrafi, Wilayah Kecamatan Cisauk tidak ada yang berbatasan langsung dengan laut. Berada di daerah dataran rendah dengan kemiringan dibawah 150 dan berada diluar kawasan hutan dengan ketinggian 37-56 meter dpl (Diatas Permukaan Laut).

Temperatur udara rata-rata di Kecamatan Cisauk tidak berbeda dengan kecamatan lain di Kabupaten Tangerang pada umumnya yaitu  pada kisaran 230C sampai 330C. Menurut  catatan BPP Curug, pada musim kemarau suhu di Kecamatan Cisauk dapat mencapai 330C, namun kondisi tersebut tidak berlangsung sepanjang hari.

Luas wilayah Kecamatan Cisauk adalah 26,914 Km2, atau sekitar 2,80% dari luas total wilayah Kabupaten Tangerang. Kecamatan Cisauk menempati urutan kecamatan terluas ke 7 dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang. Wilayah administrasi Kelurahan dan Desa di Kecamatan Cisauk terbagi menjadi 5 Desa dan 1 Kelurahan, Wilayah dengan status Kelurahan hanyalah Kelurahan Cisauk. Kelurahan Cisauk memiliki luas 4,848 km2. Desa Suradita merupakan wilayah terluas di Kecamatan Cisauk dengan Luas Wilayah 5,232 km2 dan wilayah terkecil adalah Desa Sampora dengan Luas 3,250 km2.

Luas Wilayah pertanian di Kecamatan Cisauk semakin sedikit. Semua itu dikarenakan begitu pusatnya pembangunan perumahan, sehingga merubah Klarifikasi lahan sawah dan non sawah. Kecamatan Cisauk terdiri dari 87,41% lahan non sawahdan 12,59 % lahan sawah. Keberadaan lahan untuk sawah mengalami penurunan seiring dengan pertumbuhan sektor non pertanian di Kecamatan Cisauk. Lokasi sawah terluas berada di Desa Mekarwangi dan Desa Dangdang. Besarnya presentase wilayah daratan non sawah mengindikasi bahwa potensi ekonomi yang ada di Kecamatan Cisauk adalah kegiatan non pertanian. Lahan non sawah di Kecamatan Cisauk terdiri dari lahan perumahan, kawasan industri , kawasan jasa dan perdagangan, serta sedikit kawasan pertanian non sawah seperti kebun, perternakan, perikanan darat termasuk lahan kosong yang sementara belum dimanfaatkan.

Lokasi Kecamatan Cisauk berada pada jalur utama jalan raya Cisauk, tepatnya di jalan raya Lapan Cisauk No.1 Desa Sampora Kecamatan Cisauk , letaknya sangat dekat dengan Stasiun kereta api Cisauk, lokasi yang cukup strategis dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum. Sarana angkuta umum mulai dari ojek, angkutan kota melintas depan Kantor Kecamatan sehingga tidak terlalu sulit untuk kesana. Jarak Kantor Kecamatan Cisauk menuju kantor Bupati Tangerang di Tigaraksa sekitar 26 KM dan dapat pula ditempuh dengan angkutan umum (angkot).

Jumlah Penduduk di wilayah Desa/Kelurahan Kecamatan Cisauk
Sumber : Data Center 2019
NAMA DESA LAKI2 PEREMPUAN JUMLAH
CISAUK 7.139 6.768 4.393
MEKAR WANGI 3.144 2.790 1.828
SURADITA 12.801 12.345 7.366
SAMPORA 3.558 3.418 2.245
DANGDANG 2.954 2.781 1.790
CIBOGO 7.301 6.997 4.509

 

2. PEMERINTAHAN

Berdasarkan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 114 Nomor 2016 Tentang Kependudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Kecamatan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Maka Kecamatan merupakan Perangkat Daerah sebagai pelaksanan teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dipinpim oleh Camat yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Kecamatan mengadakan koordinasi dengan Dinas / Instansi terkait. Wilayah administrasi di 5 desa dipipin oleh Kepala Desa yang dipilih secara langsung oleh masyarakat setiap 6 Tahun sekali terkecuali Kelurahan Cisauk. Wilayah administrasi Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang berstatus PNS yang ditugaskan oleh Pemerintah Daerah. Sementara pegawai yang bekerja di Kantor Desa dan Kelurahan tercatat lebih dari 105 orang. Kecamatan Cisauk terdiri dari 5 Desa yaitu Mekarwangi, Dangdang, Suradita, Sampora dan Cibogo serta 1 Kelurahan yaitu Kelurahan Cisauk. Satuan Lingkungan setempat terkecil adalah RT, terdapat 248 RT dan 47 RW dibawah Pemerintahan Desa / Kelurahan di Kecamatan Cisauk. 


Bagikan artikel ini