Kisah Dibalik Kesuksesan Dinkes Jaga Kesehatan Kafilah MTQ

SINDANG JAYA – Ada kondisi menarik dari kesuksesan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam turut-serta menyukseskan penyelenggaraan MTQ Kabupaten Tangerang yang digelar di Sindang Jaya, 24-29 Nopember 2018.

Kondisi itu adalah keterlibatan banyak petugas kesehatan dari 13 puskesmas yang secara aktif menjaga, memantau, dan melayani kesehatan para qori-qoriah dan official kafilah-kafilah dari 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang yang ambil bagian dalam MTQ Ke-49 Tingkat Kabupaten Tangerang.

Diungkapkan dr Dewi Anita, Kepala Puskesmas Sindang Jaya, Kamis (13/12/2018), sedikitnya 13 puskesmas yang mengerahkan para petugas kesehatannya untuk diperbantukan dalam kegiatan MTQ Kabupaten Tangerang itu.

“Jadwalnya sendiri telah disiapkan dan diatur Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, petugas kesehatan puskesmas tinggal melaksanakannya dengan penuh kesiap-siagaan,”  katanya.

Petugas puskesmas sesuai tupoksinya, papar dr Dewi Anita, melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan kepada para kafilah MTQ dari 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Pelayanan ini disiagakan di sejumlah posko yang disiapkan di sejumlah titik lokasi acara.

Masing-masing petugas puskesmas mengirimkan sejumlah  tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan di sejumlah posko di antaranya berada di panggung utama, Aula Kecamatan Sindang Jaya, serta petugas puskesmas keliling di 11 arena MTQ.

“Kami dari Puskesmas Sindang Jaya mengirimkan dokter, paramedis dan sopir bersama ambulancenya,” ungkap dr Dewi Anita.

Adapun sejumlah keluhan dari beberapa kafilah yang ditangani oleh Puskesmas Sindang Jaya adalah keluhannya demam, pusing, dan rasa mual. Mereka ditangani dengan baik sehingga bisa kembali bekerja dengan baik.

“Bahkan jika memerlukan tindakan lebih-lanjut, kami pun siap membawanya ke Puskesmas Sindang Jaya atau jika diperlukan bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan,” jelas dr Dewi.

Diinformasikan sejumlah puskesmas yang diperbantukan dalam kegiatan MTQ ke-49 Kabupaten Tangerang di Sindang Jaya adalah Puskesmas Sindang Jaya, Puskesmas Sukatani, Puskesmas Balaraja, Puskesmas Cikupa, Puskesmas Pasir Jaya, Puskesmas Pasar Kemis, Puskesmas Kutabumi, Puskesmas Mauk, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Panongan, Puskesmas Tigaraksa, Puskesmas Rajeg, dan Puskesmas Pasir Nangka.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini