BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN TANGERANG DI TERJANG ANGIN PUTING BELIUNG

BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN TANGERANG DI TERJANG ANGIN PUTING BELIUNG

Angin Puting Beliung yang terjadi pada Selasa 12 November 2019 menerjang beberapa Kecamatan di Kabupaten Tangerang, dari laporan sementara yang di terima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mencatat sebanyak 3 Kecamatan masing-masing Kecamatan Jambe, Kecamatan Legok dan Kecamatan Pagedangan yang terdampak langsung mengakibatkan sejumlah rumah mengalami  Rusak berat sedang dan  rusak ringan. Selain bangunan warga sejumlah fasilitas milik pemerintah maupun swasta turut menjadi amukan puting beliung.

Dari Kecamatan Jambe melaporkan

Peristiwa angin kencang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB disertai petir yang menerjang Desa Ranca Buaya, Daru, Ancol Pasir, Tipar Raya, Sukamanah dan Desa Taban Kata Heru Ultari Camat Jambe ia mengatakan kejadian itu mengakibatkan sejumlah rumah roboh, Rusak berat sampai rusak ringan. Selain bangunan warga sejumlah fasilitas milik pemerintah dan swasta  yang terkena diantaranya stadion mini yang atapnya berhamburan, tower dukcapil dan tower bts swasta yang roboh. Pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa hanya ada  korban dengan luka ringan terkena serpihan bangunan dan telah mendapat perawatan dari puskesmas setempat. Data yang diperoleh akibat kejadian ini sejumlah rumah terkena dampak ada 91 bangunan dengan klasifikasi roboh/rata dengan tanah 2 buah, rusak berat 3 buah, rusak sedang 50 buah dan rusak ringan ada 36

Kecamatan Legok melaporkan

Angin Puting Beliung yang terjadi pada pukul 14.00 WIB merusak sejumlah rumah warga di 5 Desa masing-masing Desa Palasari, Babat, Cirarab, Bojongkamal dan Desa Caringin. Data yang disampaikan Plt Camat Legok Drs. Tisna Hambali Rudani, M.Si rumah yang rusak dengan kategori Rusak Berat sebanyak 11 Unit, Rusak sedang sebanyak 15 unit dan Rusak ringan sebanyak 82 Unit.

Kecamatan Pagedangan melaporkan

Hujan es dan angin kencang yang terjadi pada pukul 19.15 WIB di wilayah Kecamatan Pagedangan yaitu di 3 (tiga) Desa, masing-masing Desa Malangnengah, Karangtengah dan Desa Jatake mengakibatkan sejumlah rumah warga menjadi rusak dengan kategori Sedang  3 unit dan ringan sebanyak 10 Unit H. Dadan Gandana, M.Si Camat Pagedangan.

Saat ini upaya yang telah dilakukan BPBD Kabupaten Tangerang adalah terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan yang terdampak puting beliung sekaligus mengadakan pendataan lapangan langsung  dan memberikan makanan jadi dan bantuan logistik kepada waraga terdampak.


Bagikan artikel ini