PEMKAB PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE - 109

Tigaraksa--Bupati Tangerang A Zaki Iskandar Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke - 109 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2017, yang di selenggarakan di lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Senin (22/05/2017)

Dalam sambutanya Bupati Tangerang A Zaki Iskandar Mengatakan, Pada momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 ini, saya ingin mengajak kepada seluruh peserta upacara beserta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tangerang untuk merefleksikan kembali tentang tekad para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam memperjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Jika dihitung dari titik awal Kebangkitan Nasional tahun 1908, maka pada tahun 2017 ini, kita sudah lebih dari seratus tahun berproses dalam kesadaran kita untuk menjadi bangsa yang berdaulat menjadi bangsa yang memiliki identitas dan jati diri di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Lanjut Beliau, Wajah dan corak ke Indonesia-an kita pun tentunya telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan perubahan jaman dan tuntutan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itulah, dalam rangka tetap menjaga semangat dan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, kita tidak boleh lengah, tapi justru harus semakin waspada dan cerdas dalam menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan yang berproses secara terus menerus tersebut. Momentum 1908 dan 1928 adalah momentum kaum muda yang bercita-cita Indonesia merdeka. Pemikiran dan cita-cita mereka, berlanjut melalui perjuangan para pemuda periode tahun 1945-1949. Mereka berjuang bag tegaknya bangunan ke Indonesia-an yang merdeka dan berdaulat. Revolusi kemerdekaan yang membangun nasionalisme tanpa pandang bulu, revolusi yang menjadi motor penggerak mobilitas sosial bagi seluruh komponen bangsa. Revolusi yang pada gilirannya memberi ruang dan peluang bagi setiap anak bangsa untuk berbakti, mengabdi dan berkiprah sesuai profesi, keahlian dan bidang yang digelutinya Inilah makna nasionalisme sesungguhnya, yakni penerapan cara berpikir, bersikap dan berperilaku yang secara deologis merupakan kristalisas kesadaran berbangsa dan bernegara. 

Zaki Juga Menambahkan, Allhamdulillah Kabupaten Tangerang Pada Tangga 20 Mei 2017 menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Public Tahun 2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 Tanggal 12 April Tahun 2017 Tentang Penetapan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, yaitu Inovasi Sistem Jaringan Elektronik Medik Pasien Online (Si Jempol) dari RSUD Balaraja dan Inovasi Tax Shopping dari BAPENDA. 

"Semoga Penghargaan yang kita raih ini dapat menjadi motivasi untuk kita bersama dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Tangerang lebih baik lagi dan dapat diikuti oleh oPD yang lainnya di Pemerintahan Kabupaten Tangerang"Ujar Zaki.

Adam salah satu peserta upacara turut mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 ini mengambil tema "Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional". Tema ini harus kita maknai untuk bisa menjadi instrumen ukuran sejauh mana nilai-nilai nasionalisme terimplementasi dalam karsa cipta dan karya kekinian kita secara nyata. Artinya nasionalisme bukan sekedar diskursus dan wacana yang sorak-sorai. Tetapi bagaimana kita mengimplementasikan romantisme perjuangan tersebut ke dalam pola pikir, pola sikap dan perilaku kebangsaan selaras dengan tuntutan zaman. 

"semangat untuk berani melakukan evaluasi diri, semangat bagi penguatan komitmen seluruh komponen dan potensi bangsa dalam membangun Indonesia kedepan yang lebih baik"Ucap Adam (Redi/Diskominfo)


Bagikan artikel ini