Sosialisasi SK Bupati Tentang Besaran Zakat Fitrah Tahun 1433H/2012M | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

Sosialisasi SK Bupati Tentang Besaran Zakat Fitrah Tahun 1433H/2012M

Tigaraksa,– Islam adalah Agama yang membawa Rahmat bagi sekalian alam, Islam menginginkan ummatnya hidup bahagia di dunia dan akhirat. Di kehidupan dunia Islam tidak menghendaki ummatnya miskin, namun sebaliknya Islam menghendaki ummatnya berkecukupan harta, karena kefakiran itu dapat membawa seseorang menjadi kafir.  ” Kaadal Faqru Ayyakuuna Kufron “. Untuk itulah Allah SWT memerintahkan hamba-Nya menunaikan zakat sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan dan memperbanyak sedekah sebagai ujian kepatuhan dan rasa syukur hamba-Nya yang telah diberi keluasan rizqi. (12/07/12, Gd.Bazda Citra Raya).

Ketua Bazda Kabupaten Tangerang Drs.H. Edy Djunaedi, M.Pd menjelaskan Zakat dan Sedekah juga mengajarkan kita untuk senantiasa peduli terhadap sesama ummat Islam yang kurang mampu sesuai syari’at. Dengan demikian, Zakat menjadi bagian yang tidak lepas dari kehidupan Umat Islam.

Data statistik kependudukan di kabupaten Tangerang sendiri menunjukan bahwa jumlah terbesar penduduk kabupaten Tangerang adalah penganut agama Islam. Kondisi demikian tentunya berpengaruh terhadap kehidupan sosial di kabupaten Tangerang, sehingga secara langsung maupun tidak langsung,  pelaksanaan ibadah zakat menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Tangerang, ujar Ketua Bazda Kabupaten Tangerang Drs.H. Edy Djunaedi, M.Pd.

“Eksistensi Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) menjadi sesuatu yang sangat penting”, tutup Ketua Bazda Kabupaten Tangerang Drs.H. Edy Djunaedi, M.Pd.

Sekda Kabupaten Tangerang H.Hermansyah mengatakan Zakat juga dapat membantu mengangkat harkat martabat kaum dhuafa, dan salah satu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, dan membangun kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Sekda Kabupaten Tangerang H.Hermansyah menjelaskan SK Bupati Tangerang nomor 451.12.Kep.305-Huk/2012 tentang besaran zakat fitrah tahun 1433 H/ 2012 M, bahwa pada tahun ini terdapat kenaikan jumlah nominal yang harus disetorkan muzakki, jika tahun lalu nominalnya sebesar Rp. 20.000,-. ( Dua Puluh Ribu Rupiah ) maka tahun ini meningkat menjadi Rp. 25.000,-.  ( Dua Puluh Lima Ribu Rupiah ).

“Kenaikan nominal zakat fitrah ini perlu disosialisasikan kepada seluruh UPZ baik di kecamatan, instansi, dan seluruh SKPD, sehingga diharapkan melalui sosialisasi ini BAZDA Kabupaten Tangerang mampu meningkatkan pendapatan dari hasil pengumpulan zakat”, H.Hermansyah.

“Jika tahun lalu terkumpul sekitar Rp. 2 Milyar lebih, mudah-mudahan tahun ini zakat yang terkumpul bisa melampaui tahun-tahun sebelumnya”, tegas Sekda Kabupaten Tangerang H.Hermansyah.

“Pemerintah Daerah melalui BAZDA Kabupaten Tangerang akan memberikan Door Prize bagi UPZ yang mampu mengumpulkan zakat terbanyak, diharapkan ini bisa memacu para UPZ untuk terus berlomba meningkatkan jumlah pendapatan zakat di unit kerjanya masing-masing”, ucap H.Hermansyah.

“Saya sedih karena masih banyak orang-orang yang menjadi tangan dibawah dibandingkan tangan diatas, kita harus banyak  bersyukur kepada Yang Maha Kuasa, apabila kita tidak bersyukur maka Allah akan mendatangkan azab, dan tak lupa mewujudkan masyarakat sadar zakat ”, tutup Hermansyah. (fb/humas):bbi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 5 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)