TUGAS & FUNGSI SEKRETARIAT DPRD

 

TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIAT DPRD

Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan hak dan fungsinya  Pemerintah Daerah.

Dalam melaksanakan tugas Sekretariat DPRD menyelenggarakan fungsi:

Penyelenggara administrasi kesekretariatan DPRD ;

Penyelenggara administrasi keuangan DPRD;

Fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD;

Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD; dan

 

URAIAN TUGAS PADA SEKRETARIAT DPRD

 

SEKRETARIS DPRD

 

Dalam menjalan fungsi kesekretariatan, Sekretaris DPRD mempunyai uraian tugas:   

merumuskan program kerja, melaksanakan kebijakan strategis dan teknis fasilitasi pelaksanaan fungsi DPRD di bidang Legislasi, Penganggaran dan Pengawasan;

mengkoordinasikan fasilitasi pelaksanaan fungsi DPRD bidang legislasi, penganggaran dan pengawasan;

membina, mengawasi, mengendalikan dan melaksanakan tugas kesekretariatan  serta perencanaan dan keuangan;

mengarahkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada bawahan sesuai tugas dan fungsinya;

menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan tenaga ahli fraksi;

mengevaluasi program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi lingkup Sekretariat DPRD;dan

melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi lingkup Sekretariat DPRD.

 

 

BAGIAN UMUM

Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan dan pengendalian kegiatan penyelenggaraan ketatausahaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, kearsipan, kerumahtanggan dan mengelola perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD;

 

Kepala Bagian Umum

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Bagian Umum mempunyai fungsi:

Penyiapan rumusan kebijakan  strategis dan teknis penyelenggaraan ketatausahaan, kepegawaian,  ketatalaksanaan , kearsipan, kerumahtanggaan dan perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD;

Penyiapan rencana dan program kerja tahunan Bagian Umum;

Penyiapan pengendalian program dan kegiatan lingkup Bagian Umum;

Penyiapan bimbingan kinerja bawahan sesuai tugas dan fungsinya;

Pengelolaan administrasi kepegawaian, surat menyurat, tata naskah dinas, ketatalaksanaan, kearsipan, kerumahtanggaan, inventarisasi pemeliharaan, penyediaan kebutuhan perlengkapan sarana prasarana kantor dan perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD.

Dalam melaksanakan fungsi, Kepala Bagian Umum mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

merencanakan operasional   kegiatan pada Bagian Umum;

membagi tugas program  kerja Bagian Umum kepada Sub Bagian Tata Usaha & Kepegawaian dan Sub Bagian Rumah Tangga;

memberi petunjuk program  kerja Bagian Umum kepada bawahan;

mengatur program dan kegiatan ketatausahaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, pemeliharaan dan perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD;

mengevaluasi program dan kegiatan ketatausahaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, pemeliharaan dan perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Bagian Umum membawahi 2 (dua) Sub Bagian yaitu:

Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian

Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan  penyusunan kegiatan ketata usahaan, kepegawaian, kearsipan, ketatalaksanaan dan perjalanan dinas pegawai Sekretariat DPRD;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas:

merencanakan kegiatan  tahunan sub bagian tata usaha dan kepegawaian;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada bawahan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian;

membagi tugas dan koordinasi dalam menyiapkan bahan dan menyusun pelaksanaan ketatausahaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan kearsipan;

mengelola administrasi perjalanan dinas pegawai sekretariat DPRD;

mengelola pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pegawai Sekretariat DPRD;

mengelola dan koordinasi administrasi kesejahteraan pegawai Sekretariat DPRD;

mengelola pelaksanaan pengembangan sistem kepegawaian (SIMPEG/Sistem ASN dan tata laksana);

menyampaikan hasil kegiatan ke Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan pada Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan kinerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan

 

Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan mempunyai tugas melakukan  penyusunan kegiatan kerumahtanggan, pengadaan perlengkapan dan barang/asset daerah serta pemeliharaan peralatan/perlengkapan kantor/gedung lingkup DPRD dan Sekretariat DPRD;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan mempunyai uraian tugas:

merencanakan anggaran dan kegiatan tahunan Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan;

membimbing pelaksanaan kegiatan  Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan kepada bawahan ;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan kepada bawahan  lingkup Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan;

memfasilitasi penyiapan tempat rapat-rapat DPRD dan Sekretariat DPRD;

melakukan koordinasi pelaksanaan pengamanan kantor dengan lembaga terkait;

mengelola pengadaan kebutuhan pengadaan barang/jasa akan sarana dan prasarana milik daerah lingkup Sekretariat DPRD;

mengelola pemeliharaan peralatan/perlengkapan kantor/gedung lingkup DPRD dan Sekretariat DPRD;

mengelola administrasi dan menata asset daerah lingkup Sekretariat DPRD

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan lingkup Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  lingkup Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

BAGIAN KEUANGAN

 

Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan dan pengendalian kebutuhan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan akuntansi serta fasilitasi penyusunan perencanaan DPRD dan Sekretariat DPRD;

 

Kepala Bagian Keuangan

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bagian Keuangan mempunyai fungsi:

Penyiapan rumusan kebijakan dan pengkoordinasian penyusunan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD, perbendaharaan, verifikasi, akuntansi serta fasilitasi penyusunan perencanaan DPRD dan Sekretariat DPRD;

Penyiapan rencana dan program kerja tahunan lingkup Bagian Keuangan;

Penyiapan pengendalian dan pemantauan pelaksanaan tugas dibidang perencanaan, keuangan dan pelaporan;

Penyiapan bimbingan kinerja bawahan sesuai tugas dan fungsinya;

Pengelolaan administrasi keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD dan fasilitasi penyusunan perencanaan DPRD dan Sekretariat DPRD;

Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Kepala Bagian Keuangan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

merencanakan operasional program dan kegiatan  lingkup Bagian Keuangan;

membagi tugas program  dan kegiatan kepada bawahan lingkup Bagian Keuangan;

memberi petunjuk program  dan kegiatan kepada bawahan lingkup Bagian Keuangan;

mengatur program dan kegiatan penyusunan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD, perbendaharaan, verifikasi dan akuntansi serta fasilitasi penyusunan perencanaan DPRD dan Sekretariat DPRD;

mengevaluasi program dan kegiatan penyusunan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD, perbendaharaan, verifikasi dan akuntansi serta fasilitasi penyusunan perencanaan DPRD dan Sekretariat DPRD;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Bagian Keuangan membawahi 2 (dua) Sub Bagian yaitu :

Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran mempunyai tugas melakukan  pengkoordinasiaan dan penyusunan kegiatan Perencanaan  dan Anggaran DPRD serta Sekretariat DPRD;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran mempunyai uraian tugas:

merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan penyusunan perencanaan, anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD ;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada bawahan lingkup Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan  penyusunan perencanaan dan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD ;

menyiapkan bahan dan dokumen pendukung penyusunan serta pengelolaan usulan kegiatan dan anggaran;

menghimpun dan mengevaluasi usulan kegiatan dan anggaran dari setiap Bagian;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan perencanaan dan anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD ;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  lingkup Sub Bagian Perencanaan dan Anggaran;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi

Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi mempunyai tugas melakukan  pengelolaan akuntansi, pembinaan, koordinasi, verifikasi dan pelaporan;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi mempunyai uraian tugas:

merencanakan kegiatan pengelolaan akuntansi, pembinaan, koordinasi, verifikasi dan pelaporan;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada bawahan lingkup Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan  pengelolaan akuntansi dan perbendaharaan, verifikasi serta pelaporan lingkup Sekretariat DPRD;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  pengelolaan akuntansi dan perbendaharaan, verifikasi serta pelaporan lingkup Sekretariat DPRD;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

BAGIAN PERSIDANGAN

Bagian Persidangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan dan pengendalian kegiatan rapat-rapat, persidangan, penyusunan risalah, kegiatan alat kelengkapan DPRD, kehumasan dan keprotokolan;

Kepala Bagian Persidangan

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana, Kepala Bagian Persidangan mempunyai fungsi:

Penyiapan rumusan kebijakan strategis dan teknis fasilitasi kegiatan rapat dan risalah, alat kelengkapan DPRD, kehumasan dan keprotokolan;

Penyiapan rencana program dan kegiatan rapat/persidangan DPRD, pembuatan risalah dan notulen rapat; perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat fraksi dan penyediaan tenaga ahli, kehumasan dan keprotokolan;

Penyiapan pengendalian program dan kegiatan rapat/persidangan DPRD, pencatatan risalah dan notulen rapat, perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat fraksi dan penyediaan tenaga ahli, kehumasan dan keprotokolan;

Penyiapan bimbingan kepada kinerja bawahan lingkup Bagian Persidangan sesuai tugas dan fungsinya;

Pengelolaan administrasi keanggotaan alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat dan penyediaan tenaga ahli fraksi , pertanggungjawaban perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD  dan usulan perjalanan dinas pendamping alat kelengkapan DPRD.

Dalam melaksanakan fungsi, Kepala Bagian Persidangan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

merencanakan operasional   program dan kegiatan Bagian Persidangan;

membagi tugas program  dan kegiatan rapat/ persidangan DPRD, pembuatan risalah dan notulen rapat; perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat dan penyediaan tenaga ahli fraksi, kehumasan dan keprotokolan;

memberi petunjuk program dan kegiatan kepada bawahan lingkup Bagian Persidangan;

mengatur program dan kegiatan  rapat/ persidangan DPRD, pembuatan risalah dan notulen rapat; perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat dan penyediaan tenaga ahli fraksi, kehumasan dan keprotokolan;

mengevaluasi kegiatan program dan kegiatan  rapat/ persidangan DPRD, pembuatan risalah dan notulen rapat; perjalanan dinas alat kelengkapan DPRD, fasilitasi rapat dan penyediaan tenaga ahli fraksi, kehumasan dan keprotokolan;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan Bagian Persidangan;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Bagian Persidangan membawahi 3 (dua) Sub Bagian yaitu :

Sub Bagian Rapat dan Risalah

Sub Bagian Rapat dan Risalah mempunyai tugas melakukan pembinaan, koordinasi, pengendalian, penyusunan kegiatan rapat / pesidangan, risalah rapat, pengelolaan administrasi fraksi dan penyediaan tenaga ahli;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah mempunyai uraian tugas:

merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan rapat-rapat dan persidangan DPRD, penyusunan risalah rapat DPRD, fasilitasi rapat fraksi dan penyediaan tenaga ahli fraksi;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada bawahan lingkup Sub Bagian Rapat dan Risalah;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan kepada bawahan lingkup Sub Bagian Rapat dan Risalah;

menyiapkan bahan dan dokumen pelaksanaan rapat/ persidangan DPRD;

menyusun jadwal pelaksanaan rapat/persidangan DPRD;

mengelola administrasi  rapat-rapat dan persidangan DPRD, penyusunan risalah rapat DPRD, fasilitasi rapat fraksi dan penyediaan tenaga ahli fraksi;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan rapat-rapat dan persidangan DPRD, penyusunan risalah rapat DPRD, fasilitasi rapat dan penyediaan tenaga ahli fraksi;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  Sub Bagian Rapat dan Risalah;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Alat Kelengkapan DPRD

Sub Bagian Alat Kelengkapan DPRD mempunyai tugas melakukan pembinaan, koordinasi, pengendalian, fasilitasi penyelenggaraan tugas alat kelengkapan DPRD dan pengelolaan perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Alat Kelengkapan DPRD mempunyai uraian tugas:

merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan alat kelengkapan DPRD;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada bawahan lingkup Sub Bagian Alat Kelengkapan DPRD;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan   Alat Kelengkapan DPRD;

mengelola administrasi perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD, fasilitasi layanan kebutuhan kerja Alat Kelengkapan DPRD, fasilitasi pelayanan kesehatan pimpinan dan anggota DPRD dan pendataan keanggotan DPRD;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Alat Kelengkapan DPRD ;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  Sub Bagian alat Kelengkapan DPRD;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

3)Kepala Bagian Persidangan membawahi 3 (dua) Sub Bagian yaitu :

 

 

Sub Bagian Humas dan Protokol

Sub Bagian Humas dan Protokol mempunyai tugas melakukan  penyusunan kegiatan kehumasan dan keprotokolan;

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol mempunyai uraian tugas:

merencanakan kegiatan penyusunan rencana kerja tahunan anggaran sub bagian Humas dan protokol;

membimbing pelaksanaan kegiatan kepada bawahan lingkup sub bagian humas dan protokol;

membagi tugas  kegiatan kepada bawahan lingkup   sub bagian humas dan protokol ;

melaksanakan koordinasi jadwal kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;

menyiapkan dokumen dalam memfasilitasi penerimaan kunjungan kerja/tamu DPRD dan Sekretariat DPRD;

melaksanakan koordinasi dan fasilitasi layanan aspirasi masyarakat kepada pimpinan dan anggota DPRD;

menyusun naskah pidato/sambutan/cerramah pimpinan DPRD;

melaksanakan peliputan kegiatan DPRD dan menyusun release;

menyampaikan hasil kegiatan ke sub bagian dokumentasi dan perpustakaan pada bagian perundang-undangan dan dokumentasi;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  sub bagian humas dan protokol;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  lingkup sub bagian humas dan rotokol;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

BAGIAN PER-UU & DOKUMENTASI

Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan perundang-undangan, peningkatan kapasitas DPRD dan pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan;

Kepala Bagian Per-UU & Dokumentasi

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Bagian Perundang-undangan dan dokumentasi mempunyai fungsi:

Penyiapan rumusan kebijakan strategis dan teknis yang meliputi urusan perancangan produk hukum, kajian hukum, fasilitasi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan serta peningkatan kapsitas pimpinan serta anggota DPRD;

Penyiapan rencana dan program serta kegiatan lingkup bagian perundang-undangan dan dokumentasi;

Penyiapan pengendalian program dan kegiatan lingkup bagian perundang-undangan dan dokumentasi;

Penyiapan bimbingan kepada kinerja bawahan lingkup bagian perundang-undangan dan dokumentasi;

Pengelolaan administrasi fasilitasi penyusunan program pembentukan peraturan daerah, fasilitasi pelaksanaan fungsi legislasi, pertanggungjawaban perjalanan dinas kunjungan kerja/rapat kerja/koordinasi/konsultasi DPRD dan pendampingan dalam rangka pelaksanaan fungsi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan.

Dalam melaksanakan fungsi, Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi mempunyai uraian tugas sebagai berikut:

merencanakan operasional   program dan kegiatan bagian perundang-undangan dan dokumentasi;

membagi tugas program  dan kegiatan fasilitasi perancangan produk hukum, kajian hukum, fasilitasi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan serta peningkatan kapsitas pimpinan serta anggota DPRD;

memberi petunjuk program  dan kegiatan  fasilitasi perancangan produk hukum, kajian hukum, fasilitasi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan serta peningkatan kapasitas pimpinan serta anggota DPRD;

mengatur program fasilitasi perancangan produk hukum, kajian hukum, fasilitasi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan serta peningkatan kapsitas pimpinan serta anggota DPRD;

mengevaluasi kegiatan program dan kegiatan  fasilitasi perancangan produk hukum, kajian hukum, fasilitasi legislasi, pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan serta peningkatan kapsitas pimpinan serta anggota DPRD

   melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

 

Kepala Bagian Per-UU & Dokumentasi membawahi 2 (dua) Sub Bagian, yaitu :

Sub Bagian Perundang-undangan

Kepala Sub Bagian Perundang-undangan mempunyai tugas melakukan  penyusunan kegiatan fasilitasi penyusunan peraturan perundang-undangan, fasilitasi kajian hukum, fasilitasi tugas legislasi dan peningkatan kapasitas pimpinan serta anggota DPRD.

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Perundang-undangan mempunyai uraian tugas:

merencanakan kegiatan fasilitasi penyusunan peraturan perundang-undangan, fasilitasi kajian hukum, fasilitasi tugas legislasi dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD;

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada kinerja bawahan lingkup sub bagian perundang-undangan;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan kepada bawahan lingkup sub bagian perundang-undangan ;

menyiapkan bahan dan dokumen pendukung pelaksanaan fasilitasi rapat penyusunan dan pembahasan raperda serta kegiatan legislasi;

menyiapkan bahan dan dokumen pelaksanaan fasilitasi proses pengangkatan dan pemberhentian anggota DPRD;

menyiapkan bahan dan dokumen pelaksanaan fasilitasi pembentkan dan perubahan susunan alat kelengkapan DPRD;

menyiapkan bahan dan dokumen fasilitasi pelaksanaan atas laporan dugaan pelanggaran hukum alat kelengkapan DPRD;

mengelola administrasi kegiatan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, pertanggungjawaban perjalanan dinas kunjungan kerja/rapat kerja/koordinasi/konsultasi DPRD dan pendampingan dalam rangka pelaksanaan fungsi legislasi;

menyusun dan menginventarisasi hasil produk hukum DPRD;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  lingkup sub bagian perundang-undangan;

menyampaikan hasil kegiatan ke Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan secara berkala;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  sub bagian perundang-undangan;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

 

 

Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan

Kepala Sub Bagian  Dokumentasi dan Perpustakaan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengendalikan kegiatan dokumentasi dan perpustakaan serta fasilitasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Public (KIP);

Dalam melaksanakan tugas, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan mempunyai uraian tugas:

merencanakan kegiatan pada Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan serta fasilitasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP);

membimbing pelaksanaan kegiatan  kepada kinerja bawahan lingkup Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan;

membagi tugas pelaksanaan  kegiatan  kepada bawahan lingkup Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan;

menginventarisir hasil kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD dari Bagian-bagian lingkup Sekretariat DPRD;

menyiapkan bahan dan menyusun pembuatan dokumen/gambar/ audio visual kegiatan DPRD;

melaksanakan fasilitasi kegiatan reses DPRD;

melaksanakan kegiatan penerbitan media informasi DPRD;

menyiapkan fasilitasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik;

mengelola administrasi perpustakaan, pendistribusian surat kabar dan majalah, penyusunan berita (klipping) media massa yang berkaitan dengan kegiatan DPRD;

mengevaluasi pelaksanaan kegiatan  lingkup Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan;

membuat laporan pelaksanaan kegiatan  lingkup Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan;

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan terkait dengan tugas dan fungsinya. 


Bagikan artikel ini