POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Juara II Tingkat Nasional Bidang Pelestarian Sumber Daya Perairan | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Juara II Tingkat Nasional Bidang Pelestarian Sumber Daya Perairan

TIGARAKSA- Lagi-lagi pemerintah KabupatenTangerang mendapatkan torehan prestasi tingkat nasional. Kali ini mendapat penghargaan Adibakti Mina Bahri sebagai juara II tingkat nasional di Bidang Pelestarian Sumberdaya Perikanan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas Mulya Kencana yang memperoleh Juara Ke-II Lomba Posmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas).  Penyerahan hadiahnya akan diterima di Hotel Lombok Raya, Nusa Tenggara Barat, tanggal 14-17 Desember 2012.

Pemberitahuan Penghargaan Adibakti Mina Bahari tahun 2012 telah disampaikan langsung oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan melalui surat prihal Pokmawas, nomor: 310/PSDKP.1/TU.210/aI/2012 yang dilayangkan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan kepada POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa, dalam Bidang pelestarian sumber daya perairan juara I diraih  POKMASWAS Sosa Provinsi Sumatra Barat, Juara II POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Propinsi Banten, dan selanjutnya Juara III POKMASWAS Rajawali Propinsi Kalimantan Selatan.

Sedangkan Bidang Penangkapan Ikan Juara I POKMASWAS Bangban Nurantara propinsi Jawa Barat, Juara II POKMASWAS Pengawas Pantai Propinsi Sumatra Utara, Juara III POKMASWAS Hiumacandari Propinsi Jambi.

POKMASWAS Mulya Kencana yang berasal dari desa warga Mulya Kecamatan Mauk, berhasil memenuhi aspek penilaian baik aspek sosial, Aspek manajemen dan aspek teknis .Aspek teknis objek pengawasan bagi POKMASWAS, pelaksanaan suatu kegiatan, penanganan terhadap suatu pelanggaran, koordinasi dengan dinas terkait, sedangkan objek social yaitu kelembagaan Kelompok, kerjasama anggota kelompok, kerja sama dengan instansi terkait, aktifitas kelompok dalam meningkatkan masyarakat terhadap kelestarian dan sumber daya kelautan, aspek manajemen yaitu pola pengembangan POKMASWAS, pembinaan dan pemberdayaan POKMASWAS, upaya peningkatan kemampuan keanggotaan.

Kepala Bidang Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tangerang Yeni Suryani mengatakan POKMASWAS Mulya Kencana adalah Mitra Pemerintah Kabupaten Tangerang yang merupakan binaan Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Tangerang.

Dinas Perikanan dan Kelautan terus mengawasi perkembangan kelompok masyarakat pengawasan konservasi pengawasan Sumber daya Perairan khusunya di Kabupaten Tangerang. Kecamatan Mauk, mereka sudah berhasil menjaga konservasi laut pantai Utara Kabupaten Tangerang yang telah mengalami abrasi pantai akibat banyaknya galian pasir yang beroprasi, sekarang dari hasil pembinaan tersebut mereka terus melakukan pembinaan sehingga penambang pasir tersebut berubah menjadi tambak ikan, sehingga terus mengalami perubahan yang signifikan dengan adanya Pokmaswas Mulya Kencana sehingga mendapatkan juara di Tingkat Nasional.

“Kami juga akan berangkat bersama Pokmaswas Mulya Kencana yang telah meraih prestasi tersebut, dan didampingi Dinas Perikanan Provinsi Banten.Tahun 2012, Kabupaten Tangerang telah meriah prestasi Pokmawas ini meraih juara  II  tingkat nasional, ini yang kedua kalinya meraih juara II namun dengan Pokmawas yang berbeda”, terangnya di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang.

Ketua POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Herry Ogong mengatakan meraih prestasi tingkat nasional merupakan suatu anugrah yang diberikan oleh ALLAH SWT,  ini merupakan prestasi tertinggi yang dicapai  Pokmawas Mulya Kencana dan masyarakat Kecamatan Mauk yang telah bersama-sama menjaga ekosistem kelautan di wilayah Mauk semoga dengan prestasi ini akan semakin banyak kelompok Pokmawas lainnya di Kabupaten Tangerang yang menjaga sumber daya kelautan dan perikanan disekitar Pantura Tangerang.

“Kami sangat bersyukur atas prestasi tingkat nasional ini. Sebelumnya pada awal tahun 2012 ini Pokmawas Mulya Kencana terlebih dahulu meraih juara I tingkat Provinsi Banten. Dan Sekarang kami meraih juara II tingkat nasional. Meraih juara II nasional ini adalah mimpi buat kami, sebelumnya kami tidak membayangkan meraih juara tingkat nasional. Semoga hasil yang bagus ini akan memajukan Kabupaten tangerang dalam menjaga wilayah perairan kelautan. Kami juga ucapkan kepada pak Bupati H Ismet Iskandar yang selalu memperhatikan pembangunan dibidang perikanan dan kelautan,” ujar Herry

Ia menceritakan, Kelompok Pokmawas yang diketuainya berdiri sejak tahun 2001 dan beranggotakan 21 orang. Anggotanya berasal dari Kecamatan Mauk. Sejak berdiri 12 tahun yang lalu Pokmawas Surya Kencana sudah berhasil menjaga konservasi dan ekositem di wilayah Mauk. “Kami selalu menjaga hutan mangrove agar terawat dengan baik, mengawasi penakapan ikan menggunakan bom, listrik dan lainnya. Kami juga menjaga wilayah pantai agar tidak ada penambangan pasir laut. Kami juga memanfaatkan bekas galian pasir dengan menabur ikan. Sekarang pelanggaran di perairan kelautan wilayah Mauk sudah jarang karena kami selalu mengawasinya ” kata Herry. (Sukma/Hms)

2 thoughts on “POKMASWAS Mulya Kencana Kecamatan Mauk Juara II Tingkat Nasional Bidang Pelestarian Sumber Daya Perairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 10 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)