Visi dan Misi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang

VISI MISI PERPUSTAKAAN

Visi

Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategi, merupakan satu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi karena dengan visi tersebut akan dapat mencerminkan apa yang hendak dicapai oleh organisasi serta memberikan arah dan fokus strategis yang berorientasi terhadap masa depan pembangunan dan bahkan menjamin kesinambungan pelaksanaan tugas organisasi.

Visi yang ditetapkan mencerminkan gambaran peran dan kondisi yang ingin diwujudkan oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang di masa depan. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan Visi Pemerintah Tahun 2013 - 2018, maka visi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2013 – 2018   adalah:

Mewujudkan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang  Terunggul di Propinsi Banten Tahun 2018

Diharapkan dengan terumuskannya visi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang, maka dapat menjadi pedoman bagi seluruh unit kerja internal kantor untuk mewujudkannya. Atas dasar pertimbangan tersebut, selanjutnya misi yang disusun sebagai pedoman bagi pelaksanaan tugas dan fungsi  unit kerja internal di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi serta dilandasi oleh visi, maka misi Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2013 – 2018   adalah sebagai berikut :

1.    Meningkatkan budaya baca masyarakat

2.    Meningkatkan pelayanan dengan memberikan delegasi dan wewenang ke kecamatan, kelurahan dan desa

3.    Meningkatkan promosi dan sosialisasi

4.    Meningkatkan kerjasama dengan pihak lain untuk pengembangan perpustakaan

5.    Meningkatkan jumlah pengunjung 

 

VISI MISI KANTOR ARSIP

Visi Kantor Arsip Daerah Kabupaten Tangerang

“Menuju Tertib Administrasi Tata Kearsipan Daerah”

Pengertian Perkata dari visi tersebut diatas yang merupakan penjabaran dari pengertian visi daerah memiliki MaknaSebagaiberikut :

1.Tertib,

Adalah suatu keadaan yang tercipta bahwasannya seluruh pelaksanaan kegiatan senantiasa mengacu kepada norma serta kaidah yang telah disepakati dan ditetapkan bersama.

2.Administrasi,

Adalah suatu proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3.Tata Kearsipan,

Adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan pengurusan Arsip yang meliputi penciptaan/penerimaan, masa aktif dan masa in-aktif sampai masa penyusunan.

4.Daerah,

Adalah suatu wilayah yang merupakan bagian dari wilayah yang lebih luas bahwasannya dalam wilayah tersebut menetap sekelompok masyarakat dengan Pemerintahan yang juga merupakan bagian dari Pemerintah yang tidak terpisah.

Misi Kantor Arsip Daerah Kabupaten Tangerang

Dalam rangka mewujudkan Visi maka perlu disusun misi yang merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan bayangan kondisi masa depan. Sesuai dengan Visi diatas maka dirumuskan Misi Kantor Arsip Daerah Kabupaten Tangerang untuk sebagai  berikut :

  1. Menjadikan Kantor Arsip Daerah sebagai pusat Arsip Daerah dalam menunjang akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Tangerang ;
  2. Meningkatkan kualitas Pemeliharaan sarana dan prasarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip;
  3. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Kearsipan untuk mendukung Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan;
  4. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Sumber Daya Manusia Kearsipan

 


Bagikan artikel ini