Resep Lele Bakar Teflon Gurih Maknyusss...

Lele adalah ikan yang bisa diperhitungkan untuk diternak dan dikembangbiakkan karena memiliki daging yang terasa enak jika diolah menjadi aneka masakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya para pedagang kuliner dengang gerobak atau stan di pinggiran jalan ramai yang menawarkan menu ikan lele, baik itu goreng atau juga bakar. Dengan kata lain bahwa ikan lele yang merupakan jenis ikan air tawar dan biasa hidup di air keruh dengan bentuk khasnya yang lonjong ini dapat dijadikan sebagai bisnis kuliner yang menjanjikan dan diterima oleh masyarakat banyak.

Nikmatnya masakan ikan lele ini juga dapat dihadirkan di rumah dengan mengolah dan memasaknya sendiri. Langkah penyajiannya tidak begitu rumit, anda bisa mencobanya seperti pada sajian cara membuat lele bakar teflon maknyusss. Ini adalah resep lele bakar yang menggunakan dua proses penyajian, yaitu dengan digoreng setengah matang terlebih dahulu baru kemudian finishing dengan memanggangnya di atas teflonn panas hingga matang. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Komposisi

  • Ikan lele, 1 kg
  • Bawang putih, secukupnya
  • Bawang merah, secukupnya
  • Ketumbar, 5 butir
  • Kemiri, 2 buah
  • Kecap manis, secukupnya
  • Jahe, 1 ruas
  • Garam halus, secukupnya

Cara Membuat Sajian Lele Bakar Teflon Maknyuss

  1. Sebelum dibakar, lele dibersihkan terlebih dahulu baik dari sisik ataupun jeroannya.
  2. Siapkan bumbu seperti kemiri, bawang putih dan bawang merah dengan cara diulek. Kemudian tambahkan dengan kecap kental manis secukupnya. Bumbu ini dibuat untuk campuran lele bakar nanti.
  3. Selanjutnya siapkan bumbu halus lain, yaitu ketumbar, jahe dan bawang putih yang diulek halus dan ditambahkan garam secukupnya. Kemudian tumis hingga beraroma harum lalu masukkan lele yang sudah dibersihkan ke dalam tumisan bumbu tersebut. Masak sampai setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  4. Ambil lele yang sudah digoreng setengah matang lalu campurkan dengan bumbu halus untuk lele bakar.
  5. Panaskan teflon lalu panggang lele goreng yang sudah tercampur bumbu bakar halus di atasnya. Bolak-balik sampai matang. Angkat dan sajikan.

(Rian)


Bagikan artikel ini