Tanjung Pasir Disiapkan Jadi Ekowisata Mangrove

Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana menjadikan wilayah Tanjung Pasir sebagai lokasi wisata mangrove. Untuk merealisasikan perencanaan tersebut saat ini Tim Khusus yang terdiri dari berbagai instansi seperti Dinas Perikanan dan Kelautan, Disporabudpar, dan Perhutani serta berbagai stake holder lainnya tengah membuat masterplan lokasi wisata mangrove tersebut. 

 

" Semoga masterplan untuk lokasi wisata mangrove di Tanjung Pasir bisa selesai, sehingga di tahun 2017 nanti bisa dibuatkan Detail Engineering Design (DED) ujar Sekda Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad. Sekda berharap setelah DED selesai maka nanti bisa dimulai proses pembangunan ekowisata mangrove ini sekaligus menyiapkan infrastruktur lainnya seperti akses jalan dengan melibatkan beberapa unsur terkait.

Sekda juga menjelaskan, bahwa nantinya di lahan seluas 12 Hektar yang telah dipersiapkan untuk menjadi taman wisata mangrove tersebut akan terdapat berbagai kebutuhan wisata mulai dari sarana pembelajaran terkait mangrove, kuliner, tempat bermain anak serta kebutuhan pendukung lainnya. Karena akan menarik jumlah wisatawan yang datang, maka di lokasi tersebut nantinya masyarakat sekitar dapat berjualan, serta bekerja di sektor lainnya sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang Herry Wibowo menjelaskan, dengan pemanfaatan hutan mangrove sebagai habitat beragam biota hutan mangrove. Apalagi pada beberapa kawasan juga menjadi daerah konservasi untuk beberapa jenis binatang langka, seperti burung kuntul dan elang. (rn/rns)


Bagikan artikel ini