Pemkab Tangerang Sosialisasikan JDIH | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

Pemkab Tangerang Sosialisasikan JDIH

TIGARAKSA- Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2011 tentang Jaringan Dokumentasi  Dan Informasi  Hukum (JDIH) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bola Sundul, Gedung Usaha-Usaha Daerah Puspemkab Tangerang . Rabu, (13/06).

 

Asisten Bidang Adminirtrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang H. Didi Budiharta membuka membuka langsung rapat sosialisasi JDIH, mengatakan Kemudahan untuk mengakses berbagai informasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, di era keterbukaan informasi saat ini. keberdaan suatu wadah yang dapat menyajikan seluruh data-data dan produk hukum dari institusi pemerintah pun menjadi sangat penting. “Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Tangerang mewujudkannya melalui Peraturan Bupati Tangerang Nomor 61 tahun 2011 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Perbup ini pun merupakan implementasi dari Keputusan Presiden Nomor 91 Tahun 1999 Tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, dimana seluruh institusi pemerintah termasuk didalamnya Pemerintah Kabupaten/Kota adalah anggota dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Nasional”, terangnya.

 

Lanjut Asda III, Saya berharap dengan telah ditetapkannya Peraturan Bupati Tangerang Nomor 61 Tahun 2011, Bagian Hukum yang berkedudukan sebagai Pusat Jaringan (Pusat JDIH) dan juga seluruh SKPD yang berkedudukan sebagai anggota jaringan, dapat segera melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam perbup tersebut. “saya berharap kepada setiap SKPD anggota JDIH agar selalu berperan aktif dalam memenuhi kelengkapan data yang diperlukan oleh pusat jaringan, sehingga pusat jaringan dapat selalu meng-update informasi-informasi terkait produk hukum maupun kasus-kasus hukum yang sedang dijalankan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Mari kita wujudkan akses layanan informasi hukum yang mudah, cepat dan akurat”, ucapnya didepan peserta Sosialisasi.

 

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Tangerang H. Banteng Indarto, SH, M.Si menambahkan dibentuknya JDIH di Kabupaten Tangerang untuk memanfaatkan secara optimal bahan Dokumentasi dan Informasi, system pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, sepat dan akurat kepada masyarakat. “Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum berada di Bagian Hukum Setda Kabupaten Tangerang, dan semua SKPD menjadi anggota Jaringan, fungsi Pusat JDIH memberikan  pelayanan kepada para pemakai jasa informasi hukum secara Online baik didalam  maupun diluar lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang”, paparnya.

 

Peserta Sosialisasi sebanyak 80 orang masing-masing utusan dari SKPD dilingkunngan Pemkab Tangerang, dan sebagai narasumber dari Kementerian Hukum dan Ham republik Indonesia yang memberikan materi penerangan, beserta pejabat dilingkungan Pemkab Tangerang. (Suk/Hms)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 5 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)