PEMKAB TANGERANG GELAR DIKLAT KEPALA SEKOLAH DASAR | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

PEMKAB TANGERANG GELAR DIKLAT KEPALA SEKOLAH DASAR

CURUG- Demi meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah pengetahuan Kepala Sekolah Dasar yang mendapatkan tugas tambahan Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Kepegawaian Daerah menggelar Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Dasar yang dilaksanakan di Gedung Diklat kitri Bhakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Senin, 4/02.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Tangerang H. Didi Budiharta membuka Diklat Kepala Sekolah Dasar, dalam sambutannya mengatakan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007, telah mengatur tentang kompetensi Kepala Sekolah, yang meliputi kemampuan managerial, kemampuan kewirausahaan dan kepribadian. Kepala Sekolah harus mampu memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan SDM sekolah secara optimal, seperti dengan meningkatkan professional, semangat kerja dan efektifitas kerja guru.  Menyangkut kompentensi kewirausahaan, seorang Kepala Sekolah harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan kurikulum, sarana prasarana dan pola layanan pembelajaran kepada peserta didik yang menuju keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif. Dan terakhir tentang point kepribadian, khususnya akhlak mulia artinya Kepala Sekolah harus berusaha menjadi panutan bagi guru, siswa dan masyarakat. Oleh karena itu, seorang Kepala sekolah harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang memiliki kompetensi tersebut karena Kepala Sekolah merupakan tokoh kunci keberhasilan suatu sekolah dan keberadaan Kepala Sekolah yang mampu memerankan dirinya secara efektif dan efisien dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi terwujudnya kualitas atau mutu sekolah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tangerang H. Yani Sutisna menambahkan peserta Diklat Sekolah Dasar sebanyak 40 orang Kepala Sekolah Dasar, dan mereka diberi pendidikan selama mengikuti Diklat. Saya berharap para Kepala Sekolah Dasar dapat mengikuti materi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh, karena saat ini kepala sekolah dituntut untuk meningkatkan keterampilan atau skills pokok yang dimiliki pemimpin seperti Kecakapan di dalam mengatur atau mengadministrasi tenaga-tenaga personil sekolah, baik guru-guru maupun tenaga-tenaga personil lainnya. Kecakapan di dalam mengatur alat-alat perlengkapan. Kecakapan di dalam mengadministrasi keuangan atau pembiayaan sekolah berdasarkan prinsip praktek administrasi keuangan. Kemampuan untuk bekerjasama dan menjalin kerjasama antara sekolah dengan masyarakat. Kemampuan untuk memimpin dan mempelopori perbaikan dan pelaksanaan kurikulum sekolah.

Lanjutnya, Saya sangat apresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan Diklat bagi Kepala Sekolah Dasar ini, karena dengan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi Kepala Sekolah Dasar, tentunya akan juga mempengaruhi mutu sekolah yang ada dibawah kepemimpinannya. Kita ketahui bersama, bahwa tugas pokok Kepala Sekolah antara lain, Prosedur Standar Operasi Tugas kepala Sekolah, serta Proses dan Pendekatan Interpersonal dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah. Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.

Pembukaan Diklat Sekolah Dasar ini dihadiri pula oleh Pejabat Diklingkungan Badan Kepegawaian Darah Kabupaten Tangerang, perwakilan dari Badan Diklat Propinsi Banten, dan dilanjutkan penyematan kepada dua orang peserta Diklat. (Suk/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 15 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)