Bupati A Zaki Iskandar Lantik 145 Kades Serentak | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

Bupati A Zaki Iskandar Lantik 145 Kades Serentak

pelantikan kadesTIGARAKSA,–Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengambil sumpah dan  melantik 145 Kepala Desa Se-Kabupaten Tangerang secara bersama-sama.  Pelantikan tersebut di pusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, Senin (22 Juli 2013).

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar salam sambutanya mengatakan Pelaksanaan Pilklades Serentak yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2013 yang lalu atas dasar Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Desa dan Peraturan Bupati Tangerang Nomor 16 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), serta Keputusan Bupati Nomor 141/Kep.100-Huk/2013 di Kabupaten Tangerang. Atas dasar hal tersebut, maka terpilihlah saudara-saudara sekalian yang ada dihadapan saya, para kepala desa se-Kabupaten Tangerang.

Biasanya Kepala Desa dilantik oleh Camat. Tapi kali ini, saya ingin upacara pelantikan Bapak, ibu sama seperti pejabat Eselon II, III, dan eselon IV yang dilantik oleh Bupati selaku atasan yang wewenang.

“Saya harap setelah dilantik, saudara-saudara dapat mengemban jabatan Kepala Desa dengan sebaik-baiknya untuk membangun masyarakat yang cerdas, makmur, relegius dan berwawasan lingkungan, sebagaimana yang tercantum dalam visi misi Kabupaten Tangerang periode 2013-2018. Ini merupakan amanat yang dipercayakan kepada Bapak, Ibu sekalian oleh rakyat dan amanah tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan warga sekitar dimasing-masing desa tempat bapak, ibu bertugas,” ujar Zaki.

Bupati Zaki Mengaku dinamika Pilkades tahun 2013 ini sungguh luar biasa, dimulai dari suasana kisruh di beberapa desa pada saat pemilihan, maupun aksi unjuk rasa. Kesemuanya itu merupakan aspirasi dari rakyat yang harus bisa kita sikapi dengan kepala dingin dan bijak. Aksi-aksi tersebut  merupakan aspirasi akan ketidakpuasan terhadap hasil Pilakdes tahun 2013.  Hal-hal kontradiktif seperti ini, sebaiknya dibuktikan kepada warga bahwa bapak, ibi layak untuk dipilih menjadi kepala desa setempat.

“Saya berpesan agar merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya tanpa adanya pilih kasih. Bagi segenap warga desa yang merasa tidak puas, saya juga menghimbau untuk memberikan kesempatan kepada Kepala Desa setempat, merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya tanpa adanya pilih kasih. Bagi segenap warga desa yang merasa tidak puas, saya juga menghimbau untuk memberikan kesempatan kepala Desa terpilih untuk membuktikan diri bahwa layak menjadi pemimpin,” ucap Zaki.

Mari bahu membahu untuk mendukung dan membantu dalam menggali potensi desa tempat tinggal kita. Lupakan perbedaan yang pernah ada, untuk menyongsong. Dan setelah pelantikan, kepada segenap Kepala Desa terpilih, saya mewajibkan untuk segera, mengikuti bimbingan teknis kepala desa yang direkomendasikan oleh pemerintah Kabupaten Tangerang, agar bapak, ibu sekalian bisa meningkatkan kualitas pribadi  menjadi seorang pemimpin yang berkompoten.

“Setelah pelantikan ini, saya juga  mengharapkan tidak ada lagi istilah pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab Bapak, ibu sekalian. Ciptakan konsep pelayanan prima, bangun kerjasama, tumbuhkan kesadaran serta peran aktif dari seluruh staf, sehingga suasana kerja akan terasa nyaman, pelaksanaan tugas administrasi kidanasan dan kebijakan kemasyarakatan dapat berjalan kemasyarakatan  dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama,” kata Bupati  A Zaki.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan mengatakan Berdasarkan keputusan Bupati Tangerang Nomor 141.1/Kep.377-Huk/2013 sampai dengan Nomor 141.1/Kep.521-Huk/2013 tentang Pengesahan pengangkatan kepala desa terpilih sebagai kepala desa, sebanyak 145 Kepala Desa dari 147 Kepala Desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 30 Juni 2013 yang lalu. “Jadi masih ada dua desa yang belum dilantik. Kedua Desa tersebut akan melaksanakan Pilkades ulang

Adapun dua desa akan melaksanakan Pilkades ulang yaitu Desa Pangkalan Kecamatan Teluknaga dan Desa Pondok Jaya Kecamatan Sepatan. Untuk Desa Pangkalan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2013, sedangkan Desa Pondok Jaya akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 213.

Usai pelantikan, Bupati A Zaki Iskandar menyamatkan tanda jabatan secara simbolis kepada dua orang perwakilan Kepala Desa yang dilantik, yaitu Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur ST  Zubaidah dan Doni  Bambang Priyangga, SE Kepala Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa. (Munir/Sukma/Tatang/Humas)

Comments are closed.