LPSE Kabupaten Tangerang Raih Prestasi Tingkat Nasional | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

LPSE Kabupaten Tangerang Raih Prestasi Tingkat Nasional

TIGARAKSA,–Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) memberikan penghargaan kepada  Kabupaten Tangerang sebagai Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan kinerja terbaik selama satu tahun terakhir. Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan dibukanya kegiatan Rapat Koordinasi LPSE ke-8 Nasional, Jumat (9/11) di Mal Taman Palem, Jakarta.

Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP Bima Haria Wibisana mengatakan ada lima kategori LPSE Awards dan satu special mention. Masing-masing kategori diberikan untuk Kementerian/Lembaga/Instansi, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Untuk special mention diberikan kepada LPSE yang paling berusaha mati-matian dalam mengajak pihak lain untuk menggunakan LPSE.

Kepala LKPP Agus Rahardjo mengtakan adapun kategori yang diberikan yaitu; Kategori Organization Trabsformation (LPSE yang banyak memfasilitasi lelang dengan akselerasi tertinggi);   Kategori User Support Performance  (LPSE yang banyak menyelesaikan permasalahan dalam jumlah lelang banyak); Kategori Citizen Engagement (LPSE yang berhasil melibatkan peran serta masyarakat); Kategori Availibility Performance (LPSE yang memiliki availability tertinggi); Kategori Service Innovation (LPSE yang telah melakukan inovasi dalam pelayanannya); Special Effort for Transformation (LPSE yang gigih mengimplementasikan e-Procurement)

Dalam hal ini LKPP Kabupaten Tangerang meraih Awards sebagai Kategori Organization Trabsformation (LPSE yang banyak memfasilitasi lelang dengan akselerasi tertinggi), bersamaan Kota Tangerang Selatan, Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan.

“Penghargaan tersebut bisa memotivasi LPSE-LPSE lain untuk lebih meningkatkan performanya. Ke depan diharapkan, penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk mengejar performance LPSE untuk menjadi lebih baik,” kata Agus Rahardjo.

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad mengatakan prestasi ini menambah daftar prestai tingkat nasional yang pernah diraih Kabupaten Tangerang. Diharapkan pelayanan LPSE di Kabupaten Tangerang semakin ditingkatkan guna menjaga prestasi yang sudah diraih.

“Prestasi ini adalah bukti tingginya  komitmen pimpinan dan jajaran dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Apalagi Kabupaten Tangerang meraih prestasi sebagai yang terbaik dalam pengelolaan LPSE dengan kategori organization transformation LPSE yang mampu mengelola dengan jumlah paket terbesar untuk  tingkat Kabupaten,” kata Iskandar Mirsad

Sekretaris LPSE Kabupaten Tangerang Bangbang Ismail mengatakan pihaknya tidak menyangka Kabupaten Tangerang pihaknya sendiri tidak menyangka LPSE Kabupaten Tangerang dapat meraih penghargaan membanggakan ini. Terlebih penghargaan ini diberikan dalam acara Rakor LPSE tingkat Nasional.

“Betul, sampai saat diumumkan kami tidak tahu akan mendapat Award ini. Penghargaan ini benar-benar menjadi kejutan buat kami. Muda-mudahan bias menjadi kado buat Bupati Tangerang di masa akhir jabatannya”kata Bangbang yang saat itu hadir dalam Rakor LPSE tersebut.

Penghargaan ini diberikan atas dasar pengelolaan paket terbanyak, yang dari dulu tidak pernah melalui elektronik procurement (E-Proc) atau pengadaan secara elektronik. Hingga saat ini ada1.200 paket E-Proc yang masuk ke LPSE Kabupaten Tangerang dengan jumlah paket yang sudah selesai sebanyak1.147 paket. Nilai paket yang selesai sebesar Rp. 870,8 miliar, sedangkan hasil dari pelelangan E-ProcRp 830,1 miliar. Sehingga terdapat penghematan sebesarRp 36,6 miliar di luar biaya pengumuman melalui media.

“Pembentukan LPSE di Kabupaten Tangerang baru 1 tahun, namun capaian pengadaan paket lelang bisa mencapai 90 persen dari target yang diatur dalam Peraturan Presiden pengadaan barang dan jasa hanya 40 persen. Tentu ini suatu keberhasilan bersama dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa,” kata Bambang. (Vicco/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 7 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)