Berisi tentang Visi dan Misi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

VISI DAN MISI

 

Visi dan Misi

Dalam hal pencapaian suatu tujuan yang akan dicapai di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwa Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang di sertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.

Visi

Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategi, merupakan satu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi karena dengan visi tersebut akan dapat mencerminkan apa yang hendak dicapai oleh organisasi serta memberikan arah dan fokus strategis yang berorientasi terhadap masa depan pembangunan dan bahkan menjamin kesinambungan pelaksanaan tugas organisasi.

Visi yang ditetapkan mencerminkan gambaran peran dan kondisi yang ingin diwujudkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang di masa depan. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Tangerang  sebagaimana tertuang dalam RPJMD tahun 2013-2018 maka visi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang yang dibentuk dengan Perda No. 17 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah ”MENINGKATNYA KUALITAS LINGKUNGAN, BERSIH,  TERTATA, HIJAU DAN INDAH ”.

Diharapkan dengan terumuskannya visi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, maka dapat menjadi pedoman bagi seluruh unit kerja internal dinas untuk mewujudkannya. Atas dasar pertimbangan tersebut, selanjutnya disusun misi sebagai pedoman bagi pelaksanaan tugas dan fungsi  unit kerja internal di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang.

Penjabaran visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas lingkungan adalah meningkatnya keadaan lingkungan yang dapat memberikan daya dukung optimal bagi kelangsungan lingkungan hidup pada suatu wilayah;
  2. Bersih tertata adalah suatu daya atau upaya yang dilakukan semaksimal mungkin dan melakukan yang terbaik untuk menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai daerah yang bersih dari tumpukan sampah yang tidak dikelola serta tertatanya RTH dengan baik.
  3. Hijau dan indah merupakan dampak dari bersih dan tertata sebagai cerminan dari suatu kota atau daerah yang ramah lingkungan, sehat dan nyaman untuk tempat tinggal maupun usaha.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi serta dilandasi oleh visi, maka misi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Tahun 2017 – 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan;
  2. Meningkatkan pencegahan, pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup serta meningkatkan penanganan, pelayanan dan pegelolaan persampahan dan limbah B3;
  3. Meningkatkan Pengelolaan Sumber Daya Alam;
  4. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan penataan Ruang Terbuka Hijau (Taman dan Hutan Kota) dalam rangka mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau dan bersih (green and clean);
  5. Meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan peran serta masyarakat/atau kegiatan usaha dalam upaya Pelestarian fungsi lingkungan.


Bagikan artikel ini