Gambaran Umum Kecamatan

KEADAAN GEOGRAFIS , TOFOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS

1. Keadaan Geografis

Kecamatan Kelapa Dua merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tangerang terletak di wilayah Utara Kabupaten Tangerang yang berada di   -6.246492,106.614680  dengan luas wilayah mencakup 2.927 Ha Adapun  batas-batas wilayah  sebagai berikut :

Sebelah Barat             :  berbatasan dengan Kec. Curug

Sebelah Selatan         :  berbatasan dengan Kec. Legok dan  Kec. Pagedangan

Sebelah Utara            :  berbatasan dengan Kota Tangerang

Sebelah Timur            :  berbatasan dengan Kec. Serpong Utara

 

2. Topografis

Kecamatan Kelapa Dua memiliki topografi datar dengan kemiringan rata-rata 0-3 %. Ketinggian wilayah  antara 0-25 m di atas permukaan laut (dpl). Temperatur udara berdasarkan data bulanan pada tahun 2000 rata-rata berkisar antara  25-35 º

 

3. Demografis

Jumlah penduduk Kecamatan Kelapa Dua sampai dengan saat ini mencapai 175.656 jiwa tersebar di 5 Kelurahan dan 1 desa. Kecamatan Kelapa Dua memiliki posisi yang strategis, memiliki keunggulan komparatif yang signifikan. Berbatasan dengan Kota Tangerang yang perkembangannya secara ekonomi dan fisik sangat cepat dan dinamis.

Oleh karena keunggulan komparatif yang dimilikinya, wilayah Kecamatan Kelapa Dua sangat diminati oleh investor untuk menanamkan investasinya di bidang ritel dan perumahan kelas menengah besar seperti Lippo Karawaci, Supermall Karawaci, Paramount Serpong dan Summarecon Serpong.

Laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Kelapa Dua diperkirakan di atas 4 % per tahun. Tingginya pertumbuhan ini disebabkan semakin menariknya Kelapa Dua bagi para pendatang/pencari kerja seiring dengan terbukanya lapangan kerja baru dari sektor jasa dan perdagangan.


Bagikan artikel ini