DPRD KAB. KLATEN Belajar Pilkades, DPRD KAB. BANGKA BARAT belajar OPD | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

DPRD KAB. KLATEN Belajar Pilkades, DPRD KAB. BANGKA BARAT belajar OPD

TIGARAKSA- lagi-lagi Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi tujuan pemerintah daerah lain untuk menimba ilmu dalam hal Pemerintahan, kali ini Pemkab Tangerang menerima Kunjungan dari kabupaten Klaten terkait Tata  cara Pilkades dan Kabupaten Bangka Barat Terkait Organisasi Perangkat Daerah, diterima langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Di Ruang Rapat Wareng, Gedung Bupati Tangerang, Jl. H. Somawinata no. 1 Puspemkab Tangerang. Selasa, (28/05).

Rombongan Kunker DPRD Kabupaten Klaten membawa personil sebanyak 14 orang, Pimpinan Rombongan dari DPRD Kabupaten Klaten Eko Prasetyo menjelaskan di Kabupaten Klaten memiliki 26 kecamatan,  5 Kalurahan dan sekitar 400 lebih Desa. Telah dilaksanakan pilkades serentahk sekitar 270 desa, ada satu desa yang dianulir atau dibatalkan akibat permasalahan administrasi oleh calon kepala desa, yang akhirnya akan di lakukan pada tahap kedua berbarengan bersama 78 Desa dilakukan pada bulan september tahun 2013 ini.  “dengan adanya kejadian tersebut, kami belajar ke Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah mempersiapkan Pilkades serentak, kami juga sekaligus belajar peraturan-peratuarang yang ada di Kabupaten Tangerang mengenai pelaksanaan Pilkades”, ujar Eko.

Lain lagi halnya DPRD Kabupaten Bangka Barat, DPRD Bangka barat sedang menyusun Raperda tentang Organisasi Perangkap Daerah (OPD)dalam hal ini di Sekretariat Daerah dan sekretarian DPRD yang hal ini sedang dibahas oleh pansies III dan panssu IV DPRD Kabupaten Bangka Barat, Pimpinan rombongan memaparkan  disekretariat daerah Kabupaten Bangka Barat memiliki 9 bagian dan 25 sub. Bagian, ada banyak juga pelimpahan kewenangan dari dinas terkait. “ dengan sedang disusunya Raperda baru, kamu pansus III dan IV melakukan kunjungan ke pemerintah Kabupaten tangerang, untuk mempelajari dan melihat langsung pelaksanaan pemerintahan agar bisa dijadikan bahan pertimbangan dan informasi untuk kami menyusun Raperda tersebut”, ucapnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tangerang H. M. Maesyal Rasyid dalam sambutannya mengatakan kami atas nama pemerintah kabupaten tangerang mengucapkan selamat datang di kabupaten tangerang, terimakasih atas kunjungan ini, kita dapat berbagi informasi dalam melakukan tugas pemerintahan di daerah. Terkait kunjungan ini kami pemerintah daerah Kabupaten tangerang sendiri telah memiliki Perda  nomor 7 tahun 2006 tentang pemerintah desa dan perda nomor 8 tahun 2010 tentang organisasi perangkat daerah kabupaten tangerang kedua perda tersebut masih bisa untuk terus tumbuh dan berkembang, menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Olehe karena itu marilah kita jadikan pertemuan ini bebagai sarana untuk meningkatkan kualitas, kinerja, dan tatanan pemerintahan dan aparat pemerintah disuatu daerah.

Penerimaan kunjungan ini, dihadiri pula Kepala Bagian Pemerintahan Desa Azis Gunawan dia menambahkan tahapan pemilihan kepala desa serentak telah berjalan dengan aman mudah-mudahan seperti aman dan sukses dalam pelaksanaan. Pelaksanaan Pilkades serentak pun telah diatur dalan Peraturan Bupati Nomor 16 tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. “ semua tahapan telah di sosialisasikan kepada BPD, tinggal pelaksanaan di setiap desa oleh panitia di masing-masing desa, hingga rapat akhir dan dapat berjalan dengan lancar dan sukses pelaksanaan pilkades 30 juni mendatang”, papar Azis. (Suk/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 11 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)