Dinkes-Aisyiyah Kerjasama Tangani TB-HIV di Kalangan Masyarakat

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama dengan Tim Sub Sub Recipient (SSR) Community TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan CSO Coordination dan Network yang dilaksanakan di Ruang Parakan, Gedung PU Kabupaten Tangerang, Rabu (9/8/2017).
Kegiatan ini bertujuan membantu program kesehatan pemerintah dalam melakukan penjangkauan pada pasien TB-HIV yang ada di wilayah-wilayah. Sebab selama ini banyak warga terlambat diobati karena kekurang-pengetahuan atas penyakit tersebut.
Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi MARS, mengakui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sangat mendukung kegiatan yang dilakukan community tersebut maupun LSM lainnya yang bergerak di bidang kesehatan.
“Mereka  sangat membantu kami dalam menangani kasus-kasus penyakit yang ada di wilayah,” katanya. Dipaparkan bantuan para relawan dalam penjangkauan di wilayah, terutama di daerah-daerah belum terjangkau para petugas kesehatan, sangatlah membantu.
Diharapkan Hendra Tarmizi, para relawan kesehatan bisa benar-benar bekerja-sama dengan baik sehingga persoalan penanganan penyakit TB-HIV dapat tertangani dengan baik pula.
Sementara Hj Villah Eartya, Ketua SSR Community TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Tangerang, menambahkan organisasinya adalah organisasi perempuan Muhammadiyah yang bergerak di bidang sosial.
Dalam penanganan TB-HIV, Aisyiyah bekerja-sama dengan The Global Fund mewakili CSO melalui New Funding Model (NFM) yang telah dipercaya mengelola program yang tersebar di 25 provinsi di 160 kabupaten/kota.
“Untuk itu kami ingin bersama-sama dengan masyarakat dan intansi terkait memberantas penyakit TB-HIV sampai keakar-akarnya. Dimulai dari pengobatan hingga melakukan pemantauan minum obat (PNO) para pasien oleh keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.


Bagikan artikel ini