Dinkes Beri Pembinaan Kelompok Pendukung ASI di 3 Puskesmas

TIGARAKSA – Mendukung program Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan pembinaan kepada 3 Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI) di wilayah kerja Puskesmas Legok, Rajeg dan Tigaraksa.
Kusnadi SKM MKM, Kasi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (9/8/2017) mengatakan pembinaan tersebut dilakukan dengan penyebarluasan informasi tentang ASI mulai dari tingkat puskesmas sampai desa.
Penyebarluasanya dengan cara melakukan pemasangan spanduk pekan ASI, pelayanan konseling menyusui di klinik laktasi puskemas, dan pembinaan tim Dinas Kesehatan ke Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI).
“Tujuannya agar semua kelompok masyarakat dapat mendukung setiap aktifitas kaum ibu untuk menyusui dan mempertahankan menyusui hingga 2 tahun. Aktifitas kaum ibu ini dapat menekan angka kematian neonatal dan bayi,” katanya.
Ditambahkan setiap anak berhak mendapatkan ASI karena melalui pemberian ASI akan mempererat ikatan antara ibu dan anak yang menjadi kunci untuk peningkatan kualitas manusia Indonesia.
“ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan, tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman lain. Untuk itu, informasi dan manfaat pemberian ASI harus selalu disosialisasikan,” tambah Kusnadi.
Diinformasikan setiap pekan pertama di bulan Agustus dijadikan sebagai Pekan ASI Sedunia yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya ASI bagi tumbuh kembang anak.   
Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) Tahun 2017 ini mengangkat Tema Global Sustaining Breastfeeding Together. Sedangkan Tema Nasional  yaitu Bekerja Bersama Untuk Keberlangsungan Pemberian ASI dengan slogannya Ibu Bekerja, ASI Jalan Terus.
Pekan ASI Sedunia tahun 2017 bertujuan untuk memahami pentingnya bekerjasama mendukung pemberian ASI, dengan mengajak berbagai pihak yaitu pemerintah, swasta/dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat agar ikut berperan serta mendukung ibu menyusui.


Bagikan artikel ini