Dinkes Lakukan Verifikasi Pemeriksaan Kesehatan 2.157 JCH

TIGARAKSA – Sedikitnya 2.157 jamah calon haji (JCH) Kabupaten Tangerang selama 5 hari, 11-15 Juli 2017, mengikuti verifikasi pemeriksaan kesehatan dirinya di Aula Masjid Al Amjad di  Tigaraksa.

Pemeriksaan kesehatan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten ini dilakukan dengan membagi pemeriksan JCH sesuai urutan pemberangkatan kelompok terbang (kloter)-nya.

Yaitu di Hari Selasa (11/7/2017) berjumlah 458 JCH, Rabu (12/7/2017) berjumlah 466 JCH, Kamis (13/7/2017) berjumlah 454 JCH, Jumat (14/7/2017) berjumlah 347 JCH dan Sabtu (15/7/2017) 432 JCH.

Para JCH mengaku verifikasi pemeriksaan kesehatan di tahun ini lebih nyaman karena diatur waktunya dengan baik, sehingga tidak terjadi penumpukan JCH yang diperiksa.

Sisi lainnya, para JCH yang menunggu giliran pemeriksaan pun merasa nyaman karena ditempatkan di ruangan berhawa sejuk dan di waktu luangnya mendapat bimbingan kesehatan haji oleh para petugas, serta sambil duduk mereka pun dapat melihat tayangan layar lebar mengenai tata-cara haji mulai dari pemberangkatan, kegiatan di tanah suci, sampai kembali ke tanah air.

Dalam verifikasi kesehatan ini para jamaah mendapat pemeriksaan uji laboratorium, pemeriksaan urin, tensi, serta mendapat Vaksin Manginitis (pencegahan infeksi pada otak).

Toha SKM MSI, Kepala Seksi Survelens, Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Bagian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menuturkan kegiatan pemeriksaan kesehatan JCH dilakukan bekerja-sama 12 RSU rujukan BPJS.

“Ini bertujuan agar dapat memberikan kemudahan bila ada jamaah yang perlu mendapatkan pertolongan perawatan kesehatan,” katanya.

Bersyukur hingga selesai pelaksanaan verifikasi kesehatan, para JCH tetap sehat dan tidak ada yang perlu mendapat penanganan khusus.


Bagikan artikel ini