Awali 2017, Puskesmas Pagedangan Kini Berstatus BLUD

TIGARAKSA – Kepala Puskesmas Pagedangan, Hj Wirahayu SKM, menyatakan dirinya harus kembali belajar untuk menjalankan pengelolaan Puskesmas Pagedangan yang kini telah berstatus badan layanan usaha daerah (BLUD).
“Ini tugas baru karena puskesmas ini baru saja terpilih menjadi puskesmas BLUD yang manajemennya agak berbeda dengan puskesmas yang sebelumnya,” katanya saat serah-terima jabatan Kepala Puskesmas Pagedangan dari PLT Kepala Puskesmas Pagedangan Hartono SKM kepada dirinya.
Acara serah-terima jabatan kepala puksemas itu sendiri berlangsung di Aula Kantor Dinas Keshatan Kabupaten Tangerang, Jumat (13/1/2017) yang disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan jajaran dinas itu.
Meskipun begitu, ungkap Wirahayu, pekerjaan baru ini tidak menjadi halangan bagi dirinya. Langkah awalnya, dia akan mengadakan rapat koordinasi dan perkenalan untuk mengajak para petugas Puskesmas Pagedangan untuk bekerja kompak, solid, dan berorientasi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.
“Semoga kerja-sama yang baik yang telah tercipta selama ini di Puskesmas Pagedangan bisa ditingkatkan lagi,” harapnya.
Puskesmas Pagedangan memang kini menjadi puskesmas berstatus BLUD, yaitu puskesmas yang berkewajiban mengelola keuangannya sendiri, sesuai dengan Pasal 4 Ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan BLU.
Dalam pasal tersebut disebutkan, "Suatu satuan kerja instansi pemerintah dapat diijinkan mengelola keuangan dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) apabila memenuhi persyaratan substantif, teknis dan administratif."


Bagikan artikel ini