Pemkab Tangerang-Dharmais Kerja-sama Tangani Kusta

TIGARAKSA – Ditandatangani kesepakatan kerja-sama Pemkab Tangerang dengan Yayasan Dharmais dalam Penanganan Penyakit Kusta pada saat Peringatan Hari Kusta Sedunia Ke-64 Tingkat Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) Ibukota Tigaraksa, Rabu (1/2/2017).
Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan Bupati Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar, Ketua Yayasan Dharmais Indra Karta Sasmita dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Desiriana Dinardianti MARS.
Bupati Tangerang mengucapkan terima-kasih kepada Pengurus Yayasan Dharmais yang bekerja-sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama menanggulangi kesehatan masyarakat, khususnya penyakit Kusta.
“Dengan kerja-sama ini diharapkan nantinya akan dapat menimalisir jangkitan Kusta, bahkan dapat menghentikan penularan penyakit Kusta di wilayah Kabupaten Tangerang,” kata bupati.
Diakui berdasar hasil survai di tahun 2016 tercatat ada 398 kasus penyakit Kusta di wilayah Kabupaten Tangerang dengan penderita mengalami cacad tubuh  sebanyak 49 orang.
Oleh karena itu, diharapkan semua kader pencegahan penyakit Kusta selanjutnya bisa meningkatkan koordinasi dengan pihak pemerintahan, mulai desa, kelurahan, kecamatan, sampai pemda.
Diharapkan pula seluruh elemen masyarakat bisa turut membantu melakukan pencegahan dengan menginformasikan kasus-kasus baru penyakit Kusta sejak dini kepada petugas kesehatan agar bisa ditangani secara dini.
Sebab, sebenarnya penyakit Kusta dapat disembuhkan bila diobati sejak dini, sesuai dengan tema peringatan Hari Kusta, “Temukan Dini, Tidak Ada Cacad, Tidak Ada Diskriminasi atau Stigma.”
Lebih lanjut diharapkan para penderita Kusta yang sudah sembuh 100%, harus yakin dirinya telah sehat secara medis dan mulai menyembuhkan mentalnya, agar dapat kembali membaur di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.
“Berikan pandangan dan pengetahuan kepada masyarakat agar bisa menerima mereka. Tidak seperti dahulu, para penderita kusta diisolir,” pesan bupati.
Indra Karta Sasmita, Ketua Yayasan Darmais, mengakui yayasannya memiliki kepedulian pada peningkatan kehidupan sosial masyarakat dan kesehatan masyarakat yang lebih baik.
Yayasan Dharmais akan turut membatu bukan hanya masalah penyakit Kusta saja, juga kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
Sementara dr Desiriana Dinardianti MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengakui dengan gencarnya pencarian penderita penyakit kusta di tengah masyarakat untuk diobati, semakin banyak penemuan kasus baru penularan penyakit ini.
“Kita akan terus melakukan kegiatan ini untuk menekan angka penularan penyakit Kusta,” katanya. Oleh karena itu, dinas kesehatan akan terus bekerja-sama dengan kader kesehatan dan seluruh elemen masyarakat dalam melakukan kegiatan penurunan angka jangkitan penyakit Kusta.


Bagikan artikel ini