KEMENKU GELAR DISEMINASI DANA DESA

Tigaraksa - Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Dana Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan Republik Indonesia menggelar kegiatan Diseminasi Dana Desa atau penyebaran informasi tentang dana desa, bertempat di GSG Puspemkab Tangerang. Rabu, (13/12/2017).

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan bahwa Pemerintahan Desa memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan nasional, hal ini dikarenakan Pemerintahan Desa merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Pemerintah Pusat terus berupaya melalui berbagai program kebijakan dan juga termasuk dalam hal ini dengan memberikan bantuan dana Desa yang tentunya nanti dapat digunakan oleh para Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya untuk membangun Desanya masing-masing.

 

Kegiatan Diseminasi tentang Dana Desa dengan tema optimalisasi Dana Desa dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan perekonomian desa yang dalam hal ini diprakarsai oleh Kementrian Keuangan akan menjadi sangat penting untuk dapat diikuti oleh para pejabat Pemerintah Kabupaten Tangerang beserta seluruh Kepala Desa beserta perangkatnya, agara nantinya proses penggunaan dana desa tersebut dapat lebih tepat sasaran dan benar-benar digunakan untuk pembangunan Desa sesuai dengan prinsip pembangunan desa.

 

“Saya berharap kepada para Pejabat Pemerintah Kabupaten Tangerang beserta para Kepala Desa dan perangkatnya untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, pahami dan cermati betul seluruh materi yang akan disampaikan oleh para pembicara, “ Ucapnya.

 

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Dr. Boediarso Teguh Widodo mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan dana desa guna mendukung pemberdayaan masyarakat dan perekonomian desa.

 

"Gali potensi lokal dengan melibatkan masyarakat setempat untuk pembentukan badan usaha milik Desa, agar potensi Desa berkembang optimal dan pergerakan ekonomi masyarakat menemukan bentuk sebagai sumber kesejahteraan yang berkesinambungan dan berkelanjutan," harapnya.

 

Dr Boediarso juga menjelaskan pada 2018 ada 4 kebijakan baru tentang dana desa. Pertama tentang cara membagikan uang supaya lebih adil dan imbang, kedua yaitu cara penggunaan dana desa, ketiga cara pelaksanaan dana desa sedang keempat ialah pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa.

 

"tujuan Dana Desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan mengentaskan kemiskinan. Tahun 2018, akan dilakukan reformulasi Dana Desa, agar lebih pro pada pengentasan kemiskinan dan pelayanan publik,” katanya. (herly/vic-infokom)


Bagikan artikel ini