Meriah 1.000 Massa Ikuti Kampanye Germas di Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA – Seribu massa tumplek di Lapangan Maulana Yudha Negara di  Tigaraksa memeriahkan acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Tangerang, Jumat (17/11/2017).

Acara kerja-sama Dinas Kesehatan Provinsi Banten dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar penggalangan massa 1.000 orang mengkampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan beragam kegiatan yang menarik massa.

Kegiatan menarik diikuti 1.000 orang terdiri unsur pemerintah daerah, lintas sektor, organisasi masyarakat, dunia usaha, kader PKK, dharma wanita dan masyarakat, di antaranya senam bersama, pemeriksaan kesehatan massal, jalan bersama mengkampanyekan Germas dan makan buah bersama.

Hadir Bupati Tangerang, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dandim, Kapolresta Tangerang, Ketua PKK, Ketua Darmawanita, Kepala Kantor Urusan Agama Tigaraksa, para Kepala Dinas, Camat, dan para Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Tangerang.

Kepala Dianas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti MARS, mengutarakan kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kegairahan hidup sehat agar dapat menurunkan beban penyakit menular maupun tidak menular, baik yang berresiko kematian maupun kecacatan, dan penguatan sistem kesehatan.

Ini dilakukan mengingat masih tingginya angka tingkat kematian ibu dan anak, semakin kompleknya masalah peningkatan gizi, semakin tingginya angka kematian diakibatkan penyakit menular dan penyakit tidak menular, serta masalah kesehatan jiwa yang semakin besar.

Terkait ini pemerintah melakukan inovasi dengan melakukan gerakan hidup sehat yang melibatkan pemangku kepentingan, semisal akademisi, LSM dan sektor-sektor lain, agar dapat berperan dalam upaya kesehatan promotif dan preventif.

 

SARANA KESEHATAN

Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang, berharap para peserta Germas selanjutnya dapat menjadi kader kesehatan yang bisa mengajak masyarakat untuk rutin melakukan aktifitas olahraga, makan buah dan sayur di setiap harinya. 

Sisi lainnya, Pemkab Tangerang pun telah menyediakan stadion mini, GOR mini, alun-alun, dan ruang terbuka hijau dengan tujuan memberikan fasilitas berolahraga bagi masyarakat.

“Jadikan Germas ini tidak hanya sebagai slogan belaka, namun dapat kita laksanakan. Sebab gerakan hidup sehat merupakan bagian dari gerakan untuk memasyarakat hidup sehat di Kabupaten Tangerang,” ucapnya. 

Diinformasikan, Kegiatan Kampanye Germas di Kabupaten Tangerang pun telah juga melaksanakan berragam kegiatan, di antaranya mengadakan Sosialisasi Germas di beberapa kecamatan bersama Kementerian Kesehatan RI, Avokasi Germas Lintas Sektor dan Organisasi Masyarakat, melakukan aktifitas peregangan otot di setiap pukul 10.00 dan pukul 15.00 di tempat bekeja yang sudah dilaksnakan di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

 

3 PESAN POKOK

Sementara Dr. drg. Sigit Wardojo, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, mengucapkan terima-kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dapat menyukseskan kegiatan Germas ini.

Untuk kegiatan ini Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah melakukan road-show ke 4 wilayah di Banten, di antaranya di Kabupaten Serang, di Kabupaten Lebak, di Kabupaten Pandeglang dan di Kabupaten Tangerang.

“Setelah ini kami akan melakukan penggerakan massa di tingkat provinsi. Diharapkan kegiatan ini jangan hanya sebagai seremonial saja, namun dapat ditindak-lanjuti dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Kegiatan GERMAS sendiri dilaksanakan berdasarkan Inpres No 1 Tahun 2017 yang melibatkan semua lintas sektor, bukan hanya dinas kesehatan saja.

Pada Germas Tahun 2017, ada 3 pesan pokok yang menjadi  prioritas, yaitu: Pertama, biasakan makan buah dan makan sayur. Kedua, melakukan aktifitas fisik selama 30 menit sehari. Ketiga, melakukan cek kesehatan secara teratur.


Bagikan artikel ini