Dzaki, Balita Kelapa Dua, Juara I Lomba Balita Sehat Provinsi Banten

KELAPA DUA – Dzaky Almair Ferdian, usia 48 bulan asal Posyandu Rosalia di Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang,  binaan Puskesmas Jalan Kutai berhasil Juara I Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi Banten 2017.

Dzaki meraih juara dalam Kategori Balita Umur 24-59 Bulan yang acaranya digelar di Aula Al-Bantani di Gedung Dinas Kesehatan Provinsi Banten pada 1 November 2017.

Ketua TP PKK Provinsi Banten Hj Niniek WH yang membuka acara, berharap agar kegiatan semacam ini terus ditingkatkan di setiap wilayah untuk menjadi wadah tumbuh-kembang generasi mendatang yang sehat dan cerdas yang terasah sejak dini.

Terkait itu, isteri Gubernur Banten ini memberi apresiasi kepada para pembina balita yang mengikuti lomba dan berhasil menjadi juara.

Sementara dr Tri Retno Wulandari, Kepala Puskesmas Jalan Kutai, Jumat (3/11/2017), menyatakan keberhasilan ini menumbuhkan kebanggaan bagi Keluarga Dzaky, Keluarga Besar Kecamatan Kelapa Dua, dan Pengurus serta Kader PKK Kelapa Dua yang selama ini turut melakukan pembinaan.

Diakui perjalanan Dzaky berawal dari seleksi lomba balita tingkat posyandu yang digelar Puskesmas Jalan Kutai. Sebagai juara, dilanjutkan mengikuti Lomba Balita Tingkat Kecamatan Kelapa Dua.

Juga dalam lomba yang diikuti 4 balita pilihan dari 4 puskesmas yang ada di Kecamatan Kelapa Dua, Dzaky menjadi juara dan menjadi duta balita Kecamatan Kelapa Dua untuk mengikuti Lomba Balita Tingkat Kabupaten Tangerang.

Lagi, dalam lomba ini, Dzaky berhasil meraih juara pertama. Maka dia pun menjadi duta Balita Kabupaten Tangerang mengikuti Lomba Balita Sehat Tingkat Provinsi Banten. Dzaki pun akhirnya kembali menjadi juara.

Semua ini tak terlepas dari pembinaan secara terus-menerus yang dilakukan Petugas Puskesmas Jalan Kutai bersama kader PKK Kecamatan Kelapa Dua, kepada Keluarga Dzaki tentang 10 Program PKK, Pola Asuh Anak, dan materi Kesehatan Balita, tutur dr Tri Retno Wulandari.

Sisi lainnya, dengan Puskesmas Jl Kutai membuka Kelas Ibu Hamil di setiap hari dan program Senam Ibu Hamil di setiap bulan bekerja-sama RS swasta, mampu memberi kemudahan kepada para ibu hamil dan pemilik balita untuk mendapatkan pengetahuan tentang anak serta pola makan gizi seimbang pada bayi dalam kandungan dan balita.

Semua ini juga terkait penjabaran dari pendukungan Pelaksanaan Program1000 Hari Pertama Kehidupan.


Bagikan artikel ini