SEKCAM PANONGAN GAGAS PROYEK PERUBAHAN DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Serang (13/10/17) -- Badan Diklat Provinsi Banten pagi ini tidak seperti biasa yang lengang dari hilir mudik kendaraan. Pantauan Tim Redaksi Swara Prima Panongan, Badan Diklat Provinsi Banten hari ini terlihat sangat ramai. Hari ini Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Provinsi Banten akan melaksanakan Seminar Rancangan Proyek Perubahan. Peserta Diklat yang berjumlah 120 orang ini, satu persatu akan memaparkan hasil penelitiannya selama melaksanakan Diklat Kepemimpinan. Diklat ini akan dilaksanakan selama  4 bulan sampai dengan Desember mendatang.

Para pimpinan SKPD dari masing-masing peserta yang berasal dari kota dan kabupaten se-Banten  menjadi mentor bawahannya. Mereka tampak hadir dalam acara seminar ini serta memberikan dukungan terhadap apa yang akan di paparkan peserta diklat.

Tidak ketinggalan Prima Saras Puspa selaku Camat Panongan tampak hadir untuk memberikan dukungan terhadap proyek perubahan yang akan dilakukan Dadang Sudrajat sebagai Sekcam Panongan yang turut menjadi peserta Diklat Angkatan XXXVIII.

Ketika di konfirmasi oleh Tim Redaksi Swara Prima, Dadang menjelaskan bahwa proyek perubahan yang digagasnya akan dilaksanakan selama 2 bulan kedepan. Tema yang di usung oleh beliau adalah Program Informasi Kehumasan Melalu Optimalisasi Pengelolaan Informasi Dan Publikasi Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Panongan.

Ia pun menyampaikan jika proyek perubahan ini telah disetujui oleh evaluator Badan Diklat Provinsi Banten, Kurdi Martin, yang  pernah menjabat Sekda Banten. Disamping evaluator ada coach yang memberikan bimbingan dan arahan untuk penyusunan proyek perubahan yaitu Uus Natapriatna.

Program yang akan dilaksanakannya terdiri dari beberapa kegiatan yang akan melibatkan warga Panongan. Diantaranya adalah pengelolaan web kecamatan yang terintegrasi dengan web terpadu Kabupaten Tangerang. Pelaksanaan In House Training, yaitu berupa pelatihan jurnalistik kepada stakeholders di Panongan dengan melibatkan unsur organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Di penghujung progam akan dilaksanakan launching Jargon Informasi dan Publikasi Kecamatan Panongan yaitu SWARA PRIMA (Setiap Warga Panongan adalah Sumber Informasi). Dalam pelaksanaanya Dadang akan dibantu eh team efektif dari berbagai unsur tokoh  masyarakat, tokoh pemuda, pendamping desa, tim IT,  dan dari media online beserta Sekdes. Sementara itu, Camat Panongan, Prima Saras Puspa, sangat merespon baik proyek perubahan yang di  gagas bawahannya itu.

Program ini lahir dengan melihat latar belakang masyarakat Panongan yang merupakan masyarakat urban. Mereka bukan hanya memerlukan kebutuhan makan dan minum saja, akan tetapi perlu berbagai informasi mengenai kependudukan. Baik pelayan publik di tingkat Desa atau Kelurahan, Kecamatan bahkan sampai informasi tingkat Kabupaten. Dengan adanya pengelolaan informasi melalui web terpadu, Dadang berharap masyatakat dapat mengakses langsung berbagai informasi berskala kecamatan dan kabupaten. (Redaksi Swara Prima)


Bagikan artikel ini