SOSIALISASI PHBS KEPADA TP. PKK DAN KADER POSYANDU KELURAHAN TIGARAKSA

DINAS KESEHATAN KABUPATEN TANGERANG SELENGGARAKAN SOSIALISASI PHBS DAN GERMAS KEPADA PENGURUS TP. PKK DAN KADER POSYANDU DI KELURAHAN TIGARAKSA

tigaraksakel, Dalam rangka mewujudkan masyarakat Bersih dan Sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Puskesmas Tigaraksa dan Kelurahan Tigaraksa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sasaran utamanya adalah Pengurus TP. PKK dan Kader Posyandu dilingkungan Kelurahan Tigaraksa.

Kegiatan Sosialisasi PHBS ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 4 Oktober 2017 bertempat Aula Kelurahan Tigaraksa dan diikuti oleh 30 peserta terdiri dari pengurus TP. PKK Kelurahan Tigaraksa dan Kader Posyandu dilingkungan Kelurahan Tigaraksa, Maksud dan Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat serta memberikan arahan kepada peserta yang nantinya dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat pada kesempatan kegiatan posyandu maupun rapat-rapat di tingkat RW maupun RT tentang pola Hidup Bersih dan Sehat.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Dalam sambutannya Lurah Tigaraksa Bapak Galih Prakosa, S.STP., M.Si menyampaikan "Peserta Sosialisasi agar menyimak dengan baik materi-materi yang akan disampaikan oleh Narasumber dari Dinkes Kabupaten Tangerang, kegiatan sosialisasi ini sangat penting karena menyangkut kesehatan dilingkungan Masyarakat, dari hasil sosialisasi ini saya berharap para kader dapat menyampaikan kembali kepada masyarakat terutama tentang bagaimana menanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Rumah, di Sekolah,  Tempat Ibadah, Tempat Kerja, Tempat Bermain anak-anak serta lingkungan sekitar, kalau semuanya bersih banyak sekali manfaatnya seperti kita dan anggota keluarga tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas dan lain-lain.

Kegiatan sosialisasi berjalan tertib, aman dan lancar.

 

 


Bagikan artikel ini