Si Jempol

Si Jempol merupakan Aplikasi inovasi berbasis teknologi informasi dalam pelayanan pasien di RSUD Balaraja, merupakan gabungan dari beberapa inovasi pelayanan, yaitu :

a. Si Respon  (Sistem Reservasi Pasien Online). Si Respon merupakan inovasi layanan publik dengan fitur reservasi pasien online melalui mobile apps yang dapat di-install pada smartphone pasien, dengan fitur: Informasi umum RS/ jadwal dokter, reservasi poliklinik untuk dirinya sendiri maupun pasien lain (keluarga) yang sudah terdaftar dengan akun-nya, history pelayanan medis pribadi serta pengisian kritik dan saran dari pasien;

tonton disini Video proses pendaftaran pasien rawat jalan 

b. Infoton (Informasi Tempat Tidur OnLine). Merupakan sistem yang digunakan untuk memberikan informasi ketersediaan tempat tidur secara real time , dapat diakses terbuka melalui website RSUD Balaraja.

c. Autoprama (Auto Reservation Machine). Layanan Autoprama (Anjungan Pendaftaran Pasien Mandiri). Adalah sistem yang berfungsi untuk memangkas antrian pada loket pendaftaran poliklinik.Dengan sistem ini, pasien bisa melakukan self-registration pada seperangkat alat khusus berupa anjungan yang digunakan langsung oleh pasien. Sistem ini difungsikan RSUD Balaraja untuk proses pendaftaran pasien dengan cara bayar tunai, baik pasien lama maupun pasien baru.

d. Sihakmas (Sistem Informasi Hasil Pemeriksaan Melalui SMS). Sihakmas merupakan layanan pengiriman informasi hasil laboratorium kepada pasien secara langsung melalui SMS dan terintegrasi dengan Sistem Informasi RS.

e. e-Resep (Sistem penulisan dan pemrosesan resep terintegrasi). e-resep merupakan sistem informasi dalam penulisan resep melalui sistem elektronik  terintegrasi dengan SIMRS. 

tonton disini Video testimoni E-Resep oleh dokter spesialis

tonton disini Video Testimoni E-Resep oleh petugas apotik

tonton disini Video Testimoni E-Resep dokter spesialis kebidanan dan kandungan

f. e-Brojol (Bayi Lahir pulang bawa Akte). Merupakan pelayanan akta kelahiran bayi baru lahir online di RSUD Balaraja.  Pelayanan ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas DUKCAPIL Kab.Tangerang.

demikian sekelumit penjelasan Inovasi RSUD Balaraja yang diberi nama "Si Jempol", merupakan layanan berbasisi Teknologi Informasi dalam melayani pengunjung / pasien untuk berkunjung ke RSUD Balaraja.

"Inovasi ini dihadirkan untuk masyarakat, mudah, cepat, tanggap, sigap menuju tangerang sehat"

"Si-Jempol ini kita buat untuk mempermudah masyarakat dalam layanan kesehatan, hanya menginstal aplikasi, dan masyarakat tak lagi repot mengantri di RSUD Balaraja" (Dir RSUD Balaraja dr. Hj. Rr. Reniati, M.Kes)

"Ini bukti hadirnya pemerintah daerah dalam melayani masyarakat, kita terus semangat dalam melayani masyarakat" (Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar,B.Bus)

"Si Jempol memang jempol, melayani masyarakat dengan cerdas, mengedukasi dengan aplikasi hingga terjadinya sinergi antara penerima layanan dan RS langsung" (Politisi, Refli Harun, di Kemenpan RB-RI) 

Perlu diketahui bahwa Si Jempol salah satu Sistim Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) yang dimiliki RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang, peraih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik "menumbangkan" beberapa pesaing Sinovik lain, melalui beberapa tahapan Si Jempol RSUD Balaraja akhirnya masuk Top 40 Jawara Inovasi yang merupakan inovasi terbaik tahun 2017 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.


Bagikan artikel ini