Lomba Paten Di Kecamatan Legok

Kecamatan Legok menjadi wakil Kabupaten Tangerang dalam lomba Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) tingkat Provinsi Banten. Lomba Paten diikuti seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten.

Kecamatan Legok dinilai pantas mewakili Kabupaten Tangerang melaju ke tingkat Provinsi Banten. Selama penerapan Paten, Kecamatan Legok telah berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagai bentuk tertib adminitrasi dan sistem pelayanan.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten E Kusmayadi saat melakukan penilaian di Kecamatan Legok, Selasa (25/10) mengatakan, penilaian lomba PATEN dititikberatkan kepada pola dan sistem pelayanan terhadap masyarakat secara langsung.

“Paten bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masayrakat secara maskimal, nyaman, aman, cepat dan akurat. Saat ini pelayanan pemerintah kepada masyarakat tidak lagi bertele-tele, tapi dilakukan cepat tanpa mengabaikan sistem dan persyaratan normatif yang sudah ditetapkan,” kata Kusmayadi.

Camat Legok, Dadan Gandana mengjelaskan, PATEN yang diterapkan kepada masyarakat adalah pelayanan yang ramah, cepat dan tepat serta menyediakan semua fasiltas pendukung untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik.

“Kami sediakan nomor antrean, ruang duduk yang berpendingin udara, monitar TV sebagai hiburan, ruang menyusui ibu, serta bermain anak bagi masyarakat yang datang untuk mengurus admintrasi kependudukan dan perizinan,” jelas Dadan.

Selain itu, kata Dadan, pihaknya juga menyediakan tempat khusus bagi masyarakat untuk mencharge telpon seluler saat menunggu antrean. Juga menyediakan berbagai berkas formulir pendaftaran permohonan administrasi kependudukan dan perizinan, tempat pengaduan dan papan informasi masyarakat.

“Bagi yang belum memahami syarat kepengurusan administrasi, ada pegawai kami yang siap memberikan penjelasan kepada masyarakat,” katanya.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, tidak heran jika Kecamatan Legok dinilai pantas untuk mewakili Kabupaten Tangerang dalam lomba Paten ke tingkat Provinsi Banten. Berbagai fasilitas pelayanan publik tersedia di Kecamatan Legok.

Ada tempat bermain untuk anak, ruang menyusui, toilet khusus penyandang cacat, loket Bank BJB, pelayanan adminitrasi juga memakai sistem kartu antrean sesuai nomor urut, pelayanan pengaduan masyarakat, petunjuk berbagai macam tentang sistem pelayanan juga tersedia di Kecamatan Legok.