Kabupaten Tangerang Ikuti Penilaian Kota Sehat Nasional

TIGARAKSA - Forum Kota Sehat (FKS) Kabupaten Tangerang mengikuti penilaian Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten karena menjadi yang terbaik di tingkat propinsi.
Penilaian dengan 5 tatanan ini berlangsung di Tigaraksa pada Rabu (20/9/2017). Kelima  tatatan yang dinilai itu, yaitu: (1) Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Sehat; (2) Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; (3)Kawasan Ketahanan Pangan dan Gizi; (4) Kawasan Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri; (5) Kawasan Kehidupan Sosial Yang Sehat.
Tim Penilai Kota Sehat Tingkat Nasional yang datang diterima Bupati Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar, perwakilan Tim Pembina FKS Provinsi Banten, Pengurus FKS Kabupaten Tangerang, para kepala OPD Kabupaten Tangerang dan para camat di Ruang Wareng, Gedung Perkantoran Bupati Tangerang di Tigaraksa.
Selanjutnya, kepada tim penilai Bupati Tangerang menyampaikan 25 program unggulan pembangunan yang ada di wilayahnya, yang salah-satunya adalah program FKS Kabupaten Tangerang.
Dengan program prioritas ini, maka Kabupaten Tangerang pun berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa Tingkat Nasional di tahun 2013,  Swasti Saba Wiwerda Tingkat Nasional di tahun 2015, dan Swasti Saba Wistara Tingkat Propinsi di tahun 2016.
Penghargaan ini didapat karena pelaksanaan programnya mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tangerang, ucap bupati.
Setelah melihat tayangan seromonial program kota sehat dilaksanakan, tim penilai dibagi dalam 2 kelompok mengadakan kunjungan ke beberapa lokasi penilaian, semisal ke perkantoran sehat dan sekolah sehat di SMPN Tigaraksa.
Lalu ke kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, kawasan ketahanan pangan dan gizi memanfaatkan lahan dan pekarangan kosong di wilayah Kecamatan Cisauk, kawasan industri dan perkantoran sehat di wilayah Kecamatan Balaraja, serta kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat di wilayah Kecamatan Panongan.
Kepala  Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Desiriana Dinardianti MARS berharap dengan adanya penilaian FKS  ini masyarakat  dan pemerintah bisa terus bergandengan tangan menciptakan lingkungan-lingkungan sehat. “Dinas kesehatan selalu mendukung program ini untuk menjadikan keluarga, lingkungan, Kabupaten Tangerang sehat,” katanya. Sehingga pada gilirannya   akan dapat bersama-sama daerah lain mewujudkan Indonesia Sehat.


Bagikan artikel ini