Warga Teluknaga Deklarasikan Komitmen Satu Kalimat PHBS

TELUKNAGA - Komitmen Satukan Tekad untuk Kawasan Kali Merdeka dari Ancaman Tinja (Satu Kalimat) bergelora saat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan di RT 03/RW 12 Desa Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (22/8/2017).
Dalam kampanye tersebut, warga diajak untuk tidak buang air besar  sembarangan (BABS) di kali, tidak buang sampah di kali dan tidak mencuci di kali, yang disingkat menjadi 3T.
Hadir dalam kesempatan ini Camat Teluk Naga Suryadi dan Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Syafri. 
Dr Ni Wayan Manik Kusmayoni MKK, Kabid Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, yang sekaligus membuka acara, mengatakan kegiatan ini merupakan sebuah kampanye penyadaran jiwa dan raga warga di lingkungan Kampung Melayu Timur dan sekitarnya agar mau berubah menggunakan sanitasi yang baik dan benar yaitu jamban sehat.
Dikatakan untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Tangerang telah melakukan pembangunan jamban sehat di sejumlah wilayah di Kabupaten Tangerang yang termaktub dalam program Seribu Sarana Sanitasi (SERAS).
Tercatat  tahun 2017 terbangun 168 unit jamban sehat oleh Pemkab Tangerang termasuk di wilayah Kecamatan Teluknaga yang mencapai 42 unit jamban sehat.
Dalam kesempatan ini, dr Manik juga menyampaikan pentingnya buang air besar (BAB) di jamban yang sehat karena jika BAB di kali akan mengakibatkan timbulnya penyakit berbasis lingkungan seperti Diare.
“Nah balita-balita yang sering terkena penyakit yang berbasis lingkungan seperti diare cenderung mengalami tubuh pendek dan berimbas hingga dewasa. Hal ini sangat berbahaya, karenanya mari kita sama-sama berkomitmen mulai detik ini tidak ada lagi BAB di kali,” ujarnya.
Hal senada disampaikan Supriyadi, Camat Teluknaga yang mengaku siap mendukung Komitmen Gerakan Stop BAB di Kali. “Jika ada warga yang masih belum punya jamban sehat, silahkan lapor ke kecamatan dan ke depannya akan kita anggarkan untuk dibangunkan.”
Sementara Syafri, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang yang juga salah-satu tokoh dari Aliansi Pemuda Tangerang Raya (Aptara) juga berkomitmen siap membantu mensukseskan program ini. “Kesadaran masyarakat yang paling penting agar tahu dan mau menggunakan jamban sehat.”
Diinformasikan sebagai bentuk komitmen bersama dari sejumlah elemen warga yang hadir dalam acara tersebut dilakukan pembubuhan tandatangan dalam sebuah spanduk panjang.
Mereka yang membubuhkan tandatangan sebanyak 72 tandatangan sekaligus momentum HUT ke-72 RI. “Stop BAB di Kali, Stop Buang Sampah di Kali dan Stop Cuci-cuci di Kali,” teriak mereka bersamaan.


Bagikan artikel ini