DI HUT RI KE 72 ZAKI RAIH PENGHARGAAN ARSIP

JAKARTA—Bupati Tangerang berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada ajang ANRI Award 2017 yang digelar oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Hotel Mercure Ancol. Sabtu, (19/8/17).

Penghargaan tersebut diraih Bupati Zaki (Kabupaten Tangerang) dihari yang spesial yakni HUT RI ke 72, ini merupakan suatu kebanggaan untuk Kabupaten Tangerang karena bisa mendapatkan pengahargaan dari ANRI yang tidak semua daerah tertentu bisa mendapatkan penghargaan tersebut, penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Asaman Abnur pada kamis malam (17/8/17) lalu.

Bupati Tangerang Zaki Iskandar yang berhalangan hadir dalam acara penganugrahan penghargaan tersebut mengutus H. Yusrizal yang merupakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang, menurutnya tidak semua daerah/LKD (Lembaga Kearsipan Daerah) bisa mendapatkan penghargaan dari ANRI yang notabene penghargaan tersebut sangat sulit dan ketat dalam menentukan kriteria kandidat penerima penghargaan.

“Award dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ini tentu menjadi  prestasi yang  sangat membanggakan. Dan ini tentu berkat support dan  political will dari Pak Bupati yang sangat concern terhadap masalah kearsipan di Kabupaten Tangerang sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan ini ” terang Yusrizal.

Yusrizal menambahkan, Untuk menjadi nominator ANRI Award tambah Yusrizal bukan perkara mudah. Antara lain yang menjadi penilaian adalah infrastruktur dalam pengelolaan arsip daerah. Proses penilaiannya berlangsung selama empat bulan. Dan tim penilai juga melakukan uji petik sampai tingkat kecamatan dan kelurahan.

"alhamdulillah kita (LKD Kab. Tangerang) berhasil meraih penghargaan LKD terbaik Nasional harapan 1 untuk wilayah 2, ini akan kita jadikan motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dan berbenah diri untuk pengelolaan arsip yang lebih baik lagi kedepannya, karena arsip merupakan bagian penting, tanpa ada arsip takan ada sejarah," ujarnya.

Mustari Irawan selaku Kepala Arsip Nasional RI mengatakan kepada seluruh instansi pemerintah di pusat dan daerah, swasta dan BUMN untuk melakukan Gerakan Sadar dan Tertib Arsip, untuk mendukung terciptanya tata kelola perusahaan dan pemerintahan yang baik demi meningkatkan kinerja dan akuntabilitas perusahaan.

"Dengan diterimanya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu agar daerah lain dan BUMN lain lebih peduli serta menumbuhkan kepedulian dan agar pengelolaan serta manajemen kearsipan semakin lebih baik lagi kedepannya, karena arsip menjadi sangat strategis dan krusial dalam pembangunan bangsa serta penentuan sejarah Bangsa," tutur Kepala Arsip. (herly/Redi/kom)


Bagikan artikel ini