Pelaksanaan Imunisasi MR Sukses Pula di Sekolah Swasta Favorit

PANONGAN – Biasanya ada saja kendala kecil saat pelaksanaan program imunisasi yang digelar pemerintah di sekolah-sekolah swasta favorit, di antaranya kurang mendapat dukungan para orangtua pelajar. Namun berbeda saat pelaksanaan Program Imunisasi Measles-Rubella (MR) yang boleh dibilang mendapat dukungan semua pihak. 
Misalnya pelaksaan Imunisasi MR di lingkungan SD dan SMP Citra Berkat Citra Raya. Dari 640 murid SD dan 309 pelajar SMP, pelaksanaan imunisasinya mencapai 95%. Walau sebagian murid SD dan pelajar SMP terlihat “takut-takut” namun mereka bersedia disuntik juga.
Niko Lina, Kepala SD Citra Berkat, mengakui sebelum pelaksanaan program pemerintah ini pihaknya sudah menyosialisasikannya kepada para orangtua pelajar bekerja-sama dengan dokter RS Ciputra.

Dalam sosialisasi itu dijelaskan manfaat Imunisasi Measles-Rubella dan sebab-akibat dari dilaksanakannya imunisasi tersebut. Hasilnya pelaksanaan imunisasi ini berjalan lancar dan diikuti seluruh pelajar karena para orangtua mereka mengijinkan putra-putrinya mendapatkan suntikan imunisasi ini.
Hal sama disampaikan Devi Nofaliana Simanjuntak, Kepala SMP Citra Berkat. Pihakya mengajak para orangtua pelajar tidak perlu khawatir atas suntikan Imunisasi MR karena alat suntiknya dipergunakan sekali pakai.
Imunisasi ini dilakukan secara gratis karena dananya sudah dianggarkan pemerintah. Sementara pihak sekolah hanya melakukan pengawasannya saja. “Kami dari pihak sekolah mendukung program ini karena kami menginginkan para pelajar kami tetap sehat.”
Suparman, Petugas Pemantau Pelaksanaan Imunisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengakui sebelumnya pada program-program imunisasi yang dilaksanakan memang selalu ada sekolah-sekolah elit yang tidak mau pelajarnya mendapatkan imunisasi karena khawatir pelajarnya akan deman setelah mendapatkan suntikan.
Namun setelah para petugas dari dinas kesehatan dan para petugas dari puskesmas turun ke sekolah-sekolah melakukan sosialisasi, kini mereka memahami dan mengerti pentingnya para pelajar mendapat imunisasi, semisal Imunisasi MR ini.


Bagikan artikel ini