DIRJEN KEMASYARAKATAN AKAN BANGUN LAPAS DI CIANGIR

JAKARTA- Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar ikuti rapat koordinasi terbatas antara Pemprov DKI dengan Dirjen Kemasyarakatan berkaitan dengan rencana pembangunan lapas open camp (lapas terbuka) di Ciangir Kec. Legok Kab. Tangerang. Rabu, (9/8/17).

Rapat koordinasi tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Dirjen Kemasyarakatan jakarta, acara tersebut di hadiri oleh Bupati Tangerang langsung, Plt. Dirjen Kemasyarakatan sedangkan perwakilan Pemprov DKI diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Aset DKI Jakarta Ahmad Firdaus.

Firdaus mengatakan, Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat mendukung penuh atas pemakaian lahan milik Pemrpov DKI yang ada di kab. Tangerang, yakni Ds. Ciangir Kec. Legok yang akan di bangun lapas, dan Pak Gubernur sangat support sekali dan juga sudah berkirim surat ke pada Kementrian Hukum dan Ham untuk menindaklanjuti proses selanjutnya.

"Nanti kita akan tentukan luas dan batasan, dan juga perlu kita tinjau langsung ke lapangan, karena luas lahan milik Pemprov sekitar 98 hektar di Ciangir, sedangkan hanya sekitar 30 hektar yang digunakan untuk lapas open camp," ujar Firdaus.

Plt Dirjen pemasyarakatan Mamun mengungkapkan, mudah-mudahna pertemuan ini bisa berlanjut dan program pembangunan lapas terbuka ini bisa tercapai. Rencana pembangunan lapas open camp ini nantinya ditujukan untuk warga binaan yang tidak memiliki resiko tinggi seperti terorisme, narkoba, dan kejahatan lainnya, 

"Pembangunan lapas open camp ini kita akan buat lapas yang ramah, nyaman dan tentunya lapas yang memberikan pembinaan kepada warga binaan karena nantinya warga binaan tersebut akan kembali kepada masyarakat sehingga mereka bisa berguna dan memiliki keahlian ketika mereka sudah kembali ke masyarakat," ungkap Plt Dirjen.

Mamun melanjutkan, Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Tangerang atas kerja sama ini mudah mudah-mudahan dalam pertemuan berikut sudah ada kejelasan, dan saya ingin sampaikan juga kepada masyarakat kab. Tangerang jangan khawatir dan panik jangan ada resistensi dari masyarakat, harus ada sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan adanya lapas open camp ini tidak akan ada resiko karena memang para warga binaan yang akan di tempatkan di lapas ciangir ini perlu mendapatkan persetujuan husus karena hanya napi yang memiliki resiko rendah yang akan di tempatkan di sana.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan Gagasan perencanaan komplek UPT pemasyarakatan DKI Jakarta di Ciangir-Tangerang-Banten, pemerintah Kabupaten Tangerang akan selalu mendukung apa yang menjadi program pusat dan apalagi akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta pemerintah daerah. 

"Selama masih dalam zonasi dan surat resmi, kami menerima apabila lahan tersebut akan dibangun lapas serta kami siap membantu perencanaan Pemprov DKI dan Kemenhumkam tersebut", Ujarnya.

Zaki menambahkan, Pemprov. DKI dan Kemenhumkam agar mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terjadi resistensi, serta harus diadakan kembali pertemuan ini dengan lebih formal dan lebih mengerucut lagi agar bisa segera terlaksana perencanaan tersebut. (Herly/red/vic)


Bagikan artikel ini